865 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2016 di Pontianak

Yang dibuka Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim di Pontianak Convention Center, Jl Sultan Sy Abdurrahman, Pontianak, Selasa (23/8/2016)...

865 Peserta Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2016 di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/TITO RAMADHANI
33 pasang peserta perwakilan provinsi yang mengikuti Kompetisi Sain Madrasah ke - 5 tahun 2016, tampak mengenakan pakaian adat masing-masing sesaat sebelum pembukaan, di Pontianak Convention Center, Selasa (23/8/2016) sekitar pukul 13.48 WIB. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Sebanyak 865 orang peserta dari 33 provinsi, yang terdiri dari 11 orang peserta dan 11 orang pendamping mewakili setiap provinsi, serta enam peserta dan enam pendamping dari setiap MAN Insan Cendekia di Indonesia mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang dibuka Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim di Pontianak Convention Center, Jl Sultan Sy Abdurrahman, Pontianak, Selasa (23/8/2016) sekitar pukul 14.09 WIB.

KSM ke-5 ini, akan digelar sejak Selasa (23/8/2016) hingga Sabtu (27/8/2016). Sebagai wadah melakukan olah pikir dan kreativitas siswa madrasah atau sekolah. Dapat menjadi ajang membangun kemampuan siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Dalam rilis yang diterima tribunpontianak.co.id, dijelaskan. Bahwa dengan kompetisi ini, madrasah maupun sekolah diharapkan dapat memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari Iptek.

Sehingga pada gilirannya siswa madrasah atau sekolah sebagai generasi penerus bangsa ini mampu mengembangkan Iptek dan secara bersamaan mensinergikannya dengan Iman dan Taqwa (Imtaq).

Keunikan digelaran kelima KSM ini, peserta KSM tidak saja diikuti siswa madrasah termasuk MAN Insan Cendekia, akan tetapi juga diikuti oleh siswa sekolah. Kebijakan ini, sesuai dengan kesepakatan Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam KSM tingkat Nasional Tahun 2016, diselenggarakan sejumlah kegiatan, yakni Kompetisi Sains dan Agama Islam, Surya Game Online, Matematika Gasing, Workshop Motivasi Pengembangan Diri, Rembuk nasional bidang kesiswaan Madrasah Se-Indonesia.

Adapun bidang yang diperlombakan, untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah yakni Matematika Agama Islam serta IPA Agama Islam. Tingkat Madrasah Tsanawiyah yakni Matematika Agama Islam, Biologi Agama Islam, Fisika Agama Islam.

Sementara untuk tingkat Madrasah Aliyah, yakni Matematika Agama Islam, Biologi Agama Islam, Fisika Agama Islam, Kimia Agama Islam, Ekonomi Agama Islam, Geografi Agama Islam.

Untuk metode perlombaan, dalam KSM ini dipisahkan antara peserta dari madrasah yang sudah terseleksi pada tingkat kabupaten kota dan provinsi.

Sedangkan peserta MAN Insan Cendekia akan berkompetisi dengan sesama MAN Insan Cendekia lainnya, yang berjumlah sebanyak 17 lembaga di Indonesia.

Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved