Terjunkan Helikopter Cari Korban Kapal Tenggelam

Hingga pukul 14.30 WIB, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan 12 orang penumpang, dimana 2 luka-luka dan 10 orang meninggal dunia.

Tribun Batam/Eko Setiawan
Kapal Pompong Rute Tanjungpinang-Pulau Penyengat dengan membawa 17 penumpang tenggelam, Minggu (20/8/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TANJUNG PINANG - Tim penyelamat terus berkoordinasi melakukan evakuasi menyelematkan korban kapal penumpang tenggelam di Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau.

Tim terdiri dari anggota marinir, kepolisian, KPLP, Basarnas, Bea Cukai , Disbub, dan BPBD Provinsi Kepulauan Riau.

Pantauan Tribun Batam, mereka berbagi tugas dan terus berkoordinasi di Posko Evakuasi di Taman Tepi Laut, Tanjungpinang, Minggu (21/8/2016).

Sekurangnya 20 kapal besar dan speedboat dikerahkan menyisir lokasi tenggelamnya pompong dari Tanjungpinang ke Pulau Penyengat.

"Kita akan bagi tugas. Semua kita arahkan sesuai tugas di wilayah pencarianya," kata Eko Supriyanto, Kepala Sub Seksi Operasi SAR Tanjungpinang di Posko.

Pantauan Tribun Batam, satu helikopter milik Basarnas diturunkan.

BACA JUGA: Kapal Pompong Tenggelam di Laut, 10 Penumpang Tewas

Nampak beberapa menit terakhir ini, helikopter terus mengitari lokasi kejadian dan beberapa pulau terdekat dengan lokasi kejadian.

Akibat tenggelamnya pompong, sekurangnya 10 penumpang meninggal dunia, dan sejumlah lainnya belum ditemukan. Sebelum kejadian, cuaca di perairan memang kurang bersahabat hujan dan angin kencang.

Sebuah kapal kayu angkutan penumpang atau pompong membawa 17 orang pengemudi dan penumpang tujuan dariTanjung Pinang ke Pulau Penyengat tenggelam pada Minggu (21/8/2016) pukul 09.30 WIB.

Penumpang kapal terdiri dari 1 pengemudi, 2 anak-anak, dan 14 orang dewasa.

Kapal tenggelam akibat angin kencang dan gelombang besar di perairan Kelurahan Penyengat, Kecamatan Tanjung Pinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kapal tersebut membawa wisatawan yang hendak ke Penyengat," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangannya ke Tribunnews.com.

Hingga pukul 14.30 WIB, tim SAR gabungan telah berhasil menemukan 12 orang penumpang, dimana 2 luka-luka dan 10 orang meninggal dunia.

Lima penumpang masih hilang dan dalam pencarian.

Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved