Breaking News:

Produksi Manufaktur di Kalbar Naik Triwulan II

Kedua sektor industri tersebut mengalami peningkatan sebesar 6,65 persen. Industri makanan mengikuti dengan pertumbuhan sebesar 3,67 persen.

TRIBUN FILE/IST
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Volume Produksi Industri Besar Sedang (IBS) di Kalbar semakin meningkat. Berdasarkan keterangan dari BPS Kalimantan Barat, pada Triwulan II Tahun 2016 Produksi IBS naik sebesar 2,41 persen dibandingkan Triwulan I Tahun 2016.

Kepala BPS Kalbar, Pitono mengatakan, pertumbuhan produksi Industri Besar Sedang (IBS) Triwulan II 2016 di Kalbar meningkat 5,34 persen jika dibandingkan dengan Triwulan II tahun 2015 meningkat 5,34 persen.

"Jenis industri yang mengalami pertumbuhan produksi pada Triwulan II Tahun 2016 terjadi pada Industri Makanan. Tingkat produksinya naik 2,76 persen dari Triwulan I Tahun 2016. Sedangkan Industri Karet, Barang dari Karet, dan Plastik naik sebesar 2,07 persen," kata Pitono.

BACA JUGA: Kawan Industri Tayan ‪Tinggal Menunggu Realisasi

Akan tetapi, kabar baik itu tidak terjadi pada Industri Kayu, Barang dari Kayu dan Gabus, dan Barang anyaman dari Bambu, Rotan, dan Sejenisnya pada Triwulan II Tahun 2016 mengalami penurunan produksi sebesar 0,23 persen.

Apabila dibandingkan dengan Triwulan II 2015, secara pada Triwulan II Tahun 2016 ketiga sektor industri di Kalimantan Barat mengalami peningkatan produksi. "Pertumbuhan paling tinggi ada pada Industri Karet dan Barang dari Karet," katanya.

Kedua sektor industri tersebut mengalami peningkatan sebesar 6,65 persen. Industri makanan mengikuti dengan pertumbuhan sebesar 3,67 persen.

Sedangkan, Industri Kayu, Barang dari Kayu dan Barang Anyaman dari Bambu, Rotan, dan Sejenisnya (KBLI 16) berada di posisi ketiga dengan pertumbuhan sebesar 2,00 persen.

BACA JUGA: Ini Profil Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian yang Baru

Ia melanjutkan, selama Triwulan II tahun 2016 pertumbuhan produksi juga terjadi pada sektor Industri Manufaktur Mikro dan Kecil (IMK), angka pertumbuhan produksi IMK Triwulan II Tahun 2016 mengalami peningkatan sebesar 0,12 persen dibandingkan dengan Triwulan I tahun 2016. Peningkatan produksi juga terjadi secara nasional sebesar 5,74 persen.

"Pertumbuhan produksi IMK di Kalimantan Barat meningkat sebesar 0,39 persen, sementara pertumbuhan IMK nasional bertambah sebesar 6,56 persen," katanya.

Penulis: Maskartini
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved