300 Ribu Bibit Mangrove untuk Pesisir Kalbar, Termasuk Singkawang

Mangrove bisa menjadi tempat wisata yang dapat memberikan manfaat.

300 Ribu Bibit Mangrove untuk Pesisir Kalbar, Termasuk Singkawang
KOMPAS IMAGES/BANAR FIL ARDHI
Miss Universe 2011, Leila Lopes (25), melakukan kegiatan penanaman bibit pohon mangrove di Ekowisata Mangrove Sudyatmo Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG - Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak selaku Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan "Launching" penanaman mangrove di kelurahan Setapuk Besar, Kota Singkawang.

Setidaknya 300 ribu bibit mangrove ditanam di pesisir Kalimantan Barat. Kota Singkawang mendapatkan alokasi sebanyak 150 ribu batang.

Launching penanaman mangrove ini bertepatan dengan peringatan Hari Mangrove se-Dunia yang jatuh pada 26 Juli.

Acara ini dimulai pukul 07.00 WIB dan diikuti oleh 250 orang yang terdiri dari SKPD terkait, pelajar, dan masyarakat setempat, serta dihadiri pula oleh Wakil Walikota Singkawang, H Abdul Muthalib, Direktur Pendayagunaan Pesisir, Ditjen PRL, KKP, Rido Miduk Sugandi Batubara, Kadis DKP Provinsi Kalimantan Barat, Gatot Rudiyono, Kepala BPSPL Pontianak, Getreda Melsina Hehanussa.

BACA JUGA: IKBS Tergerak Lestarikan Hutan Mangrove

Dalam launching ini, Direktur Pendayagunaan Pesisir, Ditjen PRL, KKP menyerahkan plakat kepada KMP Wahana Bahari, KM Bakau II, KM Laut Pesisir, KM Karang Asri Mangrove, KM Surya Perdana Mandiri sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kerjasamanya dalam rehabilitasi mangrove.

Kemudian penyerahan bibit mangrove secara simbolis oleh Direktur Pendayagunaan Pesisir kepada Wakil Walikota yang selanjutnya diserahkan kepada Pokmas.

Simbolis penanaman mangrove dilakukan wakil walikota Singkawang, Kadis DKP Provinsi Kalimantan Barat, Kepala BPSPL Pontianak dan perwakilan dari seluruh undangan.

Simbolis penanaman mangrove dilaksanakan dengan mengajak para tamu undangan untuk terjun langsung ke lokasi penanaman dan menanam bibit mangrove yang telah disediakan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk penyadartahuan masyarakat untuk ikut aktif menjaga dan menumbuhkan mangrove.

Halaman
12
Penulis: Novi Saputra
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved