Konsumen Sambut Baik Diberlakukan DP 0 Persen

Rizki mengatakan meski demikian leasing juga harus berhati-hati memberikan kepercayaan kepada konsumen.

Konsumen Sambut Baik Diberlakukan DP 0 Persen
Primus
Logo Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana memangkas uang muka atau down payment (DP) pembiayaan kendaraan bermotor dari yang saat ini 15-20 persen menjadi 0 persen.

Wacana ini pun disambut antusias konsumen. Rizki Susanto (26) menyambut baik rencana OJK, menurutnya kebijakan ini mampu meringankan beban konsumen dalam mendapatkan pembiayaan.

"Karena dapat meringankan beban. Selaku konsumen tentu menyambut baik. Kebijakan kemungkinan dimaksudkan OJK untuk melancarkan dan menggairahkan pembiayaan. Konsumen sebenarnya juga sangat terbantu karena bisa mengalokasikan dana yang harusnya menjadi uang muka untuk angsuran perdana," kata mahasiswa S2, di satu Universitas Negeri Malang ini.

BACA JUGA: Dapat Pengawasan OJK, Saham Bintang Mitra Bergerak Tak Wajar

Rizki mengatakan meski demikian leasing juga harus berhati-hati memberikan kepercayaan kepada konsumen.

Sehingga keringanan yang diberikan OJK tidak jadi bumerang atau meningkatkan risiko kredit macet. Apabila ada calon konsumen yang di survei, maka leasing harus melihat dari segi kemampuan membayar.

"Kadang juga karena beban target marketing. Sebenarnya tidak begitu, malah saya sebagai konsumen setuju jika ada yang menawarkan kredit tetapi membantu memberikan solusi. Misalnya konsumen yang mendapatkan fasilitas kredit dengan DP nol persen, bisa diingatkan untuk mengalokasikan DP yang harusnya ada tapi dihilangkan untuk mempersiapkan angsuran pertama dan kedua," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved