Bea Cukai Amankan Burung Kacer dari Malaysia

"Berdasarkan hasil pemeriksaan mendalam kedapatan yakni 7 ekor ayam dan 42 ekor burung kacer," jelasnya.

Bea Cukai Amankan Burung Kacer dari Malaysia
Istimewa
Tersangka pemilik burung kacer dan ayam asal Malaysia yang diamankan petugas Bea dan Cukai Entikong di border PPLB Entikong, Minggu (26/6/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Petugas Bea dan Cukai Entikong mengamankan sebanyak 42 ekor burung kacer dan 7 ekor ayam dari Bus Biaramas Nopol QAP 7999, di border PPLB Entikong, Minggu (26/6/2016). 

“Adapun identitas pembawa barang (penumpang) yakni sebagai berikut, EK (pemilik ayam) dan MS (pemilik burung kacer),” kata Kasi Penindakan Dan Penyidikan Bea Cukai Entikong, Tedy Kusuma Wijaya melalui ponselnya, Minggu (26/6/2016).

Ia menjelaskan kronologis kejadian, pada hari Minggu tanggal 26 Juni 2016 telah diamankan satu unit bus Biaramas jurusan Kuching- Pontianak karena diduga membawa hewan berupa ayam dan burung ke Indonesia.

“Pada saat petugas bea dan cukai melakukan pemeriksaan kendaraan dan barang di bus tersebut, ditemukan burung dan ayam,” jelasnya.

Setelah itu, pihaknya membawa bus tersebut ke kantor Bea Dan Cukai Entikong untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan mendalam kedapatan yakni 7 ekor ayam dan 42 ekor burung kacer,” jelasnya.

Terhadap permasalahan tersebut, rencananya akan ditindaklanjuti dengan pelimpahan perkara ke Karantina Hewan untuk ditindaklanjuti dan juga sebagai maksud bentuk koordinasi dan sinergi yang positif antar instansi pemerintah di Entikong.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved