Ramadan 1437 H

Bertabur Keistimewaan, Ini yang Dianjurkan Selama 10 Hari Terakhir Ramadan

Lailatul Qadar dipilih sebagai malam turunnya Alquran serta turunnya Malaikat dengan membawa keberkahan dan kesejahteraan.

Bertabur Keistimewaan, Ini yang Dianjurkan Selama 10 Hari Terakhir Ramadan
TRIBUN FILE/IST
Ilustrasi Lailatul Qadar 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - 10 hari terakhir di bulan Ramadan, ternyata menjadi waktu-waktu yang istimewa. 

“Sepuluh hari terakhir dari Ramadan adalah hari-hari istimewa karena di dalamnya ada Lailatul Qadar,” ujar Anggota Majelis Tarjih Pengurus Wilayah (PW) Muhummadiyah Kalbar, Ustaz Mubarak, Kamis (23/06/2016) siang.

Ia menjelaskan, Lailatul Qadar adalah malam yang penuh dengan kemuliaan. Karena Lailatul Qadar dipilih sebagai malam turunnya Alquran serta turunnya Malaikat dengan membawa keberkahan dan kesejahteraan.

Hal ini, disebutnnya sesuai dengan firman Allah SWT, dalam Alquran Surah Al Qadar ayat satu sampai lima. Yang mana artinya adalah ‘sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar’.

Selain itu, ia menjelaskan, Allah SWT telah tetapkan Lailatul Qadar sebagai rahmat yang besar bagi kaum muslimin. Karena malam tersebut lebih baik dari 1000 bulan.

“Maknanya beribadah pada malam itu lebih baik daripada beribadah selama 1000 bulan di luar Lailatul Qadar,” paparnya.

Adapun terkait kapan terjadinya Lailatul Qadar, ia menuturkan, tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui dengan pasti kapan terjadinya.

Hanya Allah SWT lah yang mengetahui kapan waktu terjadinya. Hanya saja, ia memastikan, menurut keterangan yang ada, terjadinya Lailatul Qadar, yaitu pada malam ganjil pada 10 hari terakhir saban Ramadhan

“Rasulullah SAW bersabda, ‘carilah Lailatul Qadar itu pada malam yang ganjil pada 10 hari yang terakhir dari bulan Ramadhan’. Ini termaktub dalam Hadits shahih riwayat Al Bukhari no 2020,” ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Ishak
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved