Petugas Dinas Sosial Pantau Gepeng hingga Tengah Malam

Tim kita setiap hari selalu turun kelapangan untuk memantau keberadaan dari gepeng tersebut, tapi hanya sampai batas jam 12 malam

Petugas Dinas Sosial Pantau Gepeng hingga Tengah Malam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHOINO KRISTO SEBASTIANUS MELANO
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontianak, Aswin Djafar menunjuk Yulis Kurnia yang telah dua kali tertangkap di Pusat Pelayanan Anak Terpadu (PLAT), Jl Ampera, Selasa (29/3/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kota Pontianak melalui dinas sosial dan ketenagakerjaan (dissosnaker) selalu rutin melakukan operasi keliling untuk memantau para gelandangan dan pengemis (gepeng).

Terlebih di bulan Ramadan di mana sudah menjadi hal umum jika banyak gepeng musiman yang berkeliaran untuk memanfaatkan momentum tersebut.

Kepala Dissosnaker Pontianak, Aswin Djafar, menuturkan jika peraturan mengenai penertiban gepeng tahun 2010, dan pihak selalu memonitor keberadaan gepeng di Kota Pontianak.

"Tim kita setiap hari selalu turun ke lapangan untuk memantau keberadaan dari gepeng tersebut, tapi hanya sampai batas jam 12 malam," katanya saat di wawancarai Tribun Pontianak, Sabtu (11/6/2016) lalu.

Aswin juga menambahkan kalau pihaknya turun melakukan kontrol terhadap gepeng, tidak hanya pada bulan ramadhan ini, melainkan setiap hari di bulan-bulan biasanya.

"Karena ini sudah peraturan diri pemerintah kota, maka kita tidak hanya melakukannya pada bulan Ramadan ini," tambahnya.

Gepeng yang diamankan diakuinya akan diberikan pembinaan dan pendataan mengenai latar belakangnya.

Aswin menambahkan kalau pihaknya telah mengamankan setidaknya lebih dari 40 Gepeng belakangan ini, dan telah mereka bina dan didata.

Jika gepeng tersebut berasal dadi luar Kota Pontianak maka gepeng tersebut akan dipulangkan, namun jika warga Pontianak, maka akan didata dengan pengurus RT/RW setempat, untuk mendapatkan bantuan sosial yang semestinya.

Penulis: Syahroni
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved