Psikolog: Jangan Selalu Penuhi Keinginan Anak, Sebab Bisa Berdampak Buruk

Setiap orangtua pasti sayang anak, dan ingin selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak.

TRIBUNFILE/IST
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Setiap orangtua pasti sayang anak, dan ingin selalu memberikan yang terbaik sesuai dengan kebutuhan anak.

Dalam memberikan kasih sayang jangan sampai membuat anak kehilangan kemandiriannya, karena jika terlalu berlebihan memanjakan anak maka bisa bisa anak menjadi kehilangan kemandiriannya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Psikolog Anak, Sarah S.Psi M.Psi, saat ditemui tribun Pontianak, di kediamannya, Jl M. Sohor Pontianak.

"Jangan sampai memanjakan anak terlalu berlebihan, seperti mengikat tali sepatu pun harus orang tua, dan meletak tas sehabis pulang sekolah pun harus orang tua, hal itu akan memberikan dampak yang tidak baik bagi anak," ungkap psikolog anak tersebut.

Anak haruslah diberikan kemandirian dan selalu diajarkan untuk membuat kepribadiannya mandiri.

Setiap keinginan anak tidaklah harus dituruti anda sebagai orangtuanya, karena apabila anda selalu mengabulkan keinginan anak, maka anda cenderung bersikap permisif. Sikap seperti ini sama sekali tidak dianjurkan karena justru bisa berdampak buruk bagi anak.

Jika anak selalu memperoleh apa yang diinginkan, akhirnya anak-anak ini akan tumbuh dengan keyakinan. maka akan tumbuh dalam karakternya, kepentingannya sendiri jauh lebih penting daripada kepentingan orang lain.

Pasti banyak orangtua yang tidak mau melihat anaknya berkarakter demikian. Terapkan pola pengasuhan yang tepat.

Boleh saja peka terhadap kebutuhan anak, namun tetap terapkan batasan disiplin yang tegas agar mereka tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Bila anak memang perlu ditegur atau diberi peringatan untuk meluruskan, maka lakukanlah hal itu, dengan menunjukan sikap demikian maka anda sudah menunjukan kasih sayang kepadanya.

Penulis: Syahroni
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved