Mau Umur Lebih Panjang? Begini Caranya

Artinya, mereka minim sekali risiko menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, demensia, depresi, dan cacat fungsional

Mau Umur Lebih Panjang? Begini Caranya
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Diet tinggi serat membantu kita memiliki umur yang panjang dan hidup yang sehat. Konsumsi serat dari roti, sereal, dan buah-buahan dengan takaran yang tepat membuat kita terhindar dari penyakit sampai usia tua serta terhindar dari kemungkinan risiko meninggal muda.

Memang tak ada satu orang pun yang mampu menolak pertambahan usia. Namun, kita tentu berharap dapat hidup sehat dan aktif di usia tua, serta terhindar dari masalah-masalah yang sering menghampiri orang tua; depresi, gangguan kognitif, dan penyakit kronis seperti kanker, penyakit arteri koroner, dan stroke.

"Dari semua variabel yang ada, kita melihat bahwa asupan serat merupakan jenis karbohidrat yang dapat dicerna baik oleh tubuh, sehingga mempengaruhi kesehatan tubuh kita," kata Dr Bamini Gopinath dari The Westmead Institute for Medical Research di Australia dikutip dari Daily Mail, Kamis (2/6/2016).

Setelah Bamini dan tim melakukan penelitian menggunakan data yang dikumpulkan dari Blue Mountains Eye Study, ditemukan, individu yang tidak pernah lupa mengonsumsi makanan tinggi serat, 80 persen kemungkinan untuk hidup sehat selama 10 tahun mendatang sangat besar.

"Artinya, mereka minim sekali risiko menderita hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, demensia, depresi, dan cacat fungsional," kata dia menambahkan.

Meski terlalu dini menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar pemberian saran diet yang sehat, setidaknya bukti yang ada membuka jalan bagi kita untuk membuktikan sendiri kalau dengan rutin mengonsumsi makanan tinggi serat dan rutin olahraga kita juga bisa sehat.

Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved