Biaya Mendidik Seekor Orangutan Rp 3 Juta Per Bulan

dana yang dikeluarkan untuk mendidik satu orangutan antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

Biaya Mendidik Seekor Orangutan Rp 3 Juta Per Bulan
TRIBUN/BND
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BALIKPAPAN – Membentuk orangutan memiliki kemampuan hidup di alam liar memerlukan dana sangat besar.

CEO Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation, Jamartin Sihite, mengungkapkan, dana yang dikeluarkan untuk mendidik satu orangutan antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 juta per bulan.

Dana itu untuk membiayai seluruh kegiatan orangutan mulai belajar hingga kesehatannya selama mengikuti program reintroduksi di sekolah orangutan di hutan Samboja Lestari milik BOSF.

“Terbesar adalah biaya makan,” kata Jamartin di sela pelepasliaran lima orangutan ke hutan Kehje Sewen di Kecamatan Muara Wahau, Kutai Timur, Kalimantan Timur, Jumat (27/5/2016).

“Itu hitungan biaya dari sejak masuk sekolah hingga saat dilepasliarkan,” kata Jamartin.

Ditilik dari individu orangutan yang kini dilepasliarkan, angka dana yang dikeluarkan untuk tiap orangutan menjadi fantastis. BOSF segera melepasliarkan tiga jantan dan dua betina, yakni Kenji, Hope, Raymond, Gadis, dan Angely.

Kenji, jantan yang menjalani rehabilitasi selama enam tahun, kini akan dilepasliarkan. Itu berarti selama enam tahun, pendidikan untuk Kenji sudah menghabiskan dana Rp 150 juta.

“Ratusan jutalah untuk satu individu orangutan,” kata Jamartin.

“(Biaya) akan bengkak di hari musim kering, saat air sungai surut. Bisa ada orangutan yang masuk ke kebun warga atau permukiman. Warga meminta ganti rugi sana sini,” kata Jamartin.

Habitat menyempit

Halaman
1234
Editor: Arief
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved