Reses di Pontianak dan Kubu Raya, Jeno Dorong Penyaluran Kredit Usaha Rakyat

Anggota DPR RI Komisi XI dari PDIP Dapil Kalbar, Michael Jeno melakukan reses di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya (KKR).

Reses di Pontianak dan Kubu Raya, Jeno Dorong Penyaluran Kredit Usaha Rakyat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MASKARTINI
Anggota DPR RI Komisi XI dari PDIP Dapil Kalbar, Michael Jeno (tengah) berbincang dengan Pemimpin Redaksi Tribun Pontianak Ahmad Suroso (kiri). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Anggota DPR RI Komisi XI dari PDIP Dapil Kalbar, Michael Jeno melakukan reses di Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya (KKR).

Ada beberapa kegiatan yang akan menjadi agendanya selama sembilan hari di Kalbar salah satunya yaitu menyerahkan secara Simbolis Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Hal tersebut kata Jeno karena salah satu fokusnya adalah mendorong penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk menggairahkan perekonomian.

Interaksi langsung kata Jeno agar lebih memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM.

Ia akan menyambangi Pasar Flamboyan pada Rabu, (11/5/2016).

"Kita selalu dorong ekonomi rakyat. Awalnya KUR ini sudah dihilangkan lantaran kredit macet atau NPL tinggi, kita review dengan memberikan penjaminan dan penyertaan modal negara,"ujar Jeno saat bertandang ke tribun pada Senin, (9/5/2016).

Jeno mengatakan penyerahan simbolis tersebut akan dilakukan bersama PT Bank Mandiri. Meski demikian pembiayaan bisa diakses melalui tiga bank lainnya yang ditunjukkan sebagai penyalur KUR.

Adapun ketiga bank lainnya selain Bank Mandiri, adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Kalbar yang merupakan bank daerah yang juga merupakan bank penyalur KUR.

"Melalui ini kita sampaikan bahwa KUR itu ada. Tetapi perlu kita jelaskan juga bahwa ini bukan bansos, sehingga harus dikembalikan. KUR merupakan dana bergulir yang dipinjamkan kepada pelaku usaha kecil dalam mengembangkan bisnisnya. Kita sangat fokus dalam mendorong pelaku usaha ini, pemerintah sudah memberikan subsidi bunga. Bahkan di beberapa provinsi ada bunga yang lebih rendah dari subsidi pemerintah,"ujarnya.

Selain melakukan penyerahan secara simbolis KUR, Jeno melakukan beberapa agenda lainnya yaitu Seminar Sehari.

Seminar dengan tema Peningkatan Sumber Daya Manusia Sektor Pendidikan di Kalbar dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN ini akan mensosialisasikan berbagai beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Agenda lainnya yaitu dialog mengenai tax amnesty bersama Kapolda dan Kakanwil DJP Kalbar dilanjutkan dengan HUT PDIP.

Penulis: Maskartini
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved