IHSG Akan Bergerak Mixed Sambut Dua Hari Libur

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun mengikuti sempat bergerak menguat di sesi pertama namun terlihat sedikit tekanan hingga menyentuh area negatif.

IHSG Akan Bergerak Mixed Sambut Dua Hari Libur
WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Bursa saham di Asia bergerak mixed cenderung menguat kecuali bursa saham Jepang.

Jatuhnya dollar ke level terendah dalam hampir setahun dan penguatan harga minyak hingga menyentuh level 45 dollar per barrel mampu menjadi sentimen positif pergerakan bursa di Asia pasca pelemahan yang terjadi menjelang bulan Mei.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun mengikuti sempat bergerak menguat di sesi pertama namun terlihat sedikit tekanan hingga menyentuh area negatif dengan ditutup menguat tipis 3,94 poin sebesar 0,08 persen di level 4.812 dengan volume relatif sepi.

Branch Manager PT Relience Securitas, Riza Juliandri, mengatakan kekhawatiran investor pada minggu pertama bulan Mei yang hanya ada 3 hari perdagangan dan hasil survey pertumbuhan PDB Indonesia yang melambat di level 4,9 persen menjadi alasan investor masih berhati-hati dalam mengambil keputusan.

Investor asing pun terlihat kembali melakukan aksi jual bersih cukup tinggi sebesar Rp 641,65 miliar. Nilai tukar rupiah pun terlihat melemah meskipun indeks dollar sedang tertekan pasca rebound-nya harga minyak yang menyentuh level 45 dollar per barrel.

Bursa Eropa dibuka terperosok setelah kemarin sempat terlihat mulai mengalami rebound. Sektor industri mundur setelah beberapa analis memangkas proyeksi laba untuk emiten yang melaporkan kinerja keuangan tidak mencapai target.

Minimnya sentimen pada hari ini pun membuat investor lebih melihat kinerja keuangan beberapa emiten favorite. Data yang akan keluar pada hari Rabu ini di antaranya aktifitas sektor jasa di seluruh dunia, penjualan ritel di Eropa dan neraca perdagangan, factory orders dan stok minyak di AS.

Secara teknikal IHSG kembali bergerak terkonsolidasi pada support MA50. Indikator stochastic pun terlihat flat di dekat oversold area dengan momentum bearish yang masih terlihat di indikator RSI. Signal yang terlihat masih cukup bearish terkonsolidasi dari Indikator MACD.

"Sehingga diperkirakan IHSG masih akan bergerak mixed menyambut 2 hari libur pada Kamis dan Jumat pekan ini dengan range pergerakan 4770-4850. Saham-saham yang masih dapat dicermati diantaranya BBNI, BSDE, GIAA, LSIP, PGAS, SIMP, SMGR, TLKM, CTRA, ADHI, UNVR," ujarnya.

Penulis: Maskartini
Editor: Steven Greatness
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved