Ponton Bermuatan 500 Ton Pupuk Tenggelam di Sungai Kapuas

Sebuah kapal tongkang (ponton) bermuatan 500 Ton pupuk, tenggelam di jalur Sungai Kapuas.

IST
Ponton yang bermuatan pupuk dari Pontianak menuju Desa Muntun, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu tenggelam di jalur Sungai Kapuas tepat dihulu penyeberangan sepeda motor, Desa Sungai Ayak I Kecamatan Belitang Hilir, pada Senin (25/4) dini hari. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Sebuah kapal tongkang (ponton) bermuatan 500 Ton pupuk, tenggelam di jalur Sungai Kapuas persis di hulu penyeberangan sepeda motor, Desa Sungai Ayak I, Kecamatan Belitang Hilir, pada Senin (25/4/2016) dini hari.

Ponton yang membawa pupuk berangkat dari arah Pontianak menuju Desa Muntun, Kecamatan Semitau, Kabupaten Kapuas Hulu. Akibat tenggelamnya ponton tersebut hanya kurang lebih 20 karung dari 10.415 karung pupuk yang bisa diselamatkan.

Kapten Kapal, Arifin mengatakan, sebelum dimuat pupuk keatas ponton keadaannya sudah dicek untuk memastikan keadaan ponton tersebut. Dia mengatakan, setidaknya ponton tersebut berkapasitas 800 Ton dan masih layak pakai.

“Selama empat hari perjalanan dari Pontianak, ponton tidak ada menabrak apa-apa. Tapi anehnya kok bisa ponton tenggelam setelah masuk daerah Sungai Ayak,” ujarnya pada Selasa (26/4/2016).

Untungnya, dua orang anak buah kapal yang berada di ponton belum tidur. Sebab, saat kejadian, keduanya berada di pondok kecil dibagian belakang ponton. “Saat itu saya diberitahu kalau ponton makin tenggelam,” ungkapnya.

Arifin mengatakan, sebelum tenggelamnya ponton mereka sempat menyandarkan ponton kepinggir sungai dan berusaha menyelamatkan ponton dengan memompa air dengan mesin robin. Namun, tidak lebih dari 20 menit air bukannya berkurang justru semakin bertambah hingga ponton semakin tenggelam.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved