SPG Seksi Ditanya Alamat, Nomor Telepon Hingga Diajak Kencan

Meski ditawar seperti itu, namun dia tidak bisa marah. Sebab, itulah risiko yang harus ditanggungnya selama berjaga. Ia hanya bisa memberikan senyuman

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Penampilan Sales Promotion Girls (SPG) di pameran, termasuk otomotif selalu mengundang perhatian banyak orang. Tak hanya bertugas sebagai pemanis pameran, SPG ini berperan sebagai duta merek yang siap memberikan informasi terkait produk kepada pengunjung.

Rata-rata SPG di pameran mobil seperti IIMS pasti berparas cantik dan berpakaian cukup seksi. Maka tak heran bila banyak yang tak hanya sebatas menanyakan produk atau berkenalan. Ada juga pengunjung iseng yang menanyakan alamat atau nomor telepon, bahkan sampai ada yang nekat mengajak "kencan".

Seperti pengakuan salah seorang SPG di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut salah satu SPG, meski pameran baru berlangsung tiga hari, tetapi sudah ada pria yang berani menawarnya untuk mengajak “kencan”.

“Pernah ada yang nawar mengajak kencan. Kebanyakan pria seperti itu orang kaya baru (OKB),” ucap SPG yang identitasnya disamarkan, saat ditemui Otomania, di hall C JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (9/4/2016) malam.

Meski ditawar seperti itu, namun dia tidak bisa marah. Sebab, itulah risiko yang harus ditanggungnya selama berjaga. Ia hanya bisa memberikan senyuman dan mengalihkan pembicaraan.

“Kalau seperti itu saya kasih senyum saja, kalau tidak dialihkan perbincangannya. Kita juga tetap harus sopan melayani orang-orang seperti itu,” ujar dia.

Menurutnya, pandangan negatif kepada para SPG sangat disayangkan. Karena, intinya tugasnya itu hanya membantu pengunjung atau calon pembeli produk tersebut agar mendapatkan informasi yang jelas.

“Kita sebelum jaga seperti ini ada pembelajaran mengenai produk, jadi kita juga harus hafal seperti spesifikasi atau fitur-fiturnya,” kata dia lagi.

Editor: Arief
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved