Berita Video

Wakil Wali Kota Pontianak Ingin Konser Karawitan Jadi Agenda Tahunan

Untuk tahun ini mungkin bersamaan dengan ulang tahun Kota Pontianak, di bulan Oktober kita lakukan lagi yang lebih spektakuler.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ikatan Mahasiswa Seni (Ikanmas) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Seni Prodi Seni Tari dan Musik bersama Gamelan Saraswati menggelar konser seni bertajuk Konser Karawitan Cita Budaya Khatulistiwa di Hotel Best Western Kota Baru, Jl Sultan Abdurrahman Pontianak, Sabtu (26/3/2016) malam.

Gelaran konser yang dihadiri Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, ini menampilkan berbagai kesenian nasional yang dibumbui dengan kebudayaan lokal.

Alunan sejumlah alat musik tradisional seperti gamelan, rebana hingga alat musik modern dimainkan dalam konser tersebut.

Sebelum menikmati hiburan musik, pengunjung terlebih dahulu disambut deretan karya lukisan pelukis senior Kalbar, Jayus. Yang terpajang di sepanjang lobby Best Western Kota Baru hingga ke Khatulistiwa Ballroom di lantai dua.

Tak hanya itu, pengunjung juga disuguhi penampilan fashion show busana-busana perpaduan dari kearifan lokal, hasil karya desainer yang tergabung dalam Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Pontianak.

Perpaduan musik tradisional dan modern yang dibawakan secara apik dengan arasemen baru, semakin mengundang decak kagum para penonton, saat satu di antara dosen menampilkan pertunjukkan tarian.

General Manager Hotel Best Western Kota Baru, M Rizal Razikan mengatakan konser ini merupakan bentuk apresiasi pihaknya bagi pelaku seni lokal, terutama untuk kalangan mahasiswa yang hingga kini, belum cukup dikenal oleh masyarakat Pontianak.

"Padahal mereka memiliki potensi yang luar biasa. Saya mengapresiasikan teman-teman dari Ikanmas Fkip Untan ini, karena saya melihat mereka latihan tengah malam sampai pagi di tempat latihannya. Melihat itu saya berfikir kenapa tidak membantu mereka supaya lebih dikenal lagi di Pontianak, karya-karya mereka ini sangat spektakuler sekali. Kalau kita lihat konser seperti ini di Jakarta bahkan bisa beli tiket seharga Rp 2,5 juta. Kenapa tidak kita apresiasi kawan-kawan ini, diluar sana mereka sangat diapresiasi sekali. Best Western ada di Kalbar dan kami juga bertanggung jawab untuk melestarikan juga budaya Kalbar,” urainya.

Menurutnya, ini adalah awal untuk memulai seni dan budaya. Tidak hanya seni musik, tari, fashion maupun seni rupa seperti lukisan.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved