Peluang Bisnis di Internet Semakin Terbuka Lebar

Untuk mengakses internet saat ini sudah sangat mudah yaitu dengan perangkat yang ada di handphone.

Peluang Bisnis di Internet Semakin Terbuka Lebar
IST
Ilustrasi. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Salah satu blogger aktif Freddy Hernawan mengungkapkan saat ini peluang-peluang bisnis (startup) di Internet semakin terbuka lebar.

Awalnya bisnis startup katanya mulai gembar gembor pada 2009 lalu. Tumbuh dan berkembangnya bisnis startup kata Freddy didukung oleh infratruktur jaringan internet. Termasuk lahirnya smartphone baru seperti android.

"Untuk mengakses internet saat ini sudah sangat mudah yaitu dengan perangkat yang ada di handphone. Dahulu, transaksi bisnis dilakukan melalui sms atau telephone. Saat ini proses jual beli juga kian, apalagi jika pengelolanya menyediakan aplikasi yang bisa di akses melalui smartphone,"ujarnya kepada tribun pada Jumat (25/3/2016).

Perkembangan seperti Gojek dan beberapa bisnis lainnya perkembangannya kata Freddy karena didukung kemudahan oleh aplikasi dan akses mobile.

Kemajuan startup juga tidak lepas dari kemudahan dan kemajuan IT. Tanpa berkembangnya IT, Freddy mengatakan startup juga tidak terbuka jalannya untuk menduniakan pelaku-pelaku usaha.

"Dulu bisnis online hanya sekitar penjualan domain, hosting, jasa pembuatan website, sekarang orang-orang yang membuat aplikasi baik itu berbasis desktop maupun mobile (gadget) semakin banyak. Terlihat dari jumlah publisher di google playstore.Apalagi sekarang ada istilah office cloud atau kantor dunia maya. Semakin suburlah startup.Media online sangat luas, media telekomunikasi jaman dulu seperti halnya telepon (kabel) maupun sms sekarang mulai jarang dipakai orang, tertinggal seperti jaman kartu pos maupun pager,"ujarnya.

Mengingat saat ini didukung infrastruktur, perkembangan media online (internet) kata Freddy harus dikuasai oleh generasi saat ini.

Teknologi ia katakan bukan hanya milik orang-orang yang mempunyai basic IT, lantaran saat ini teknologi adalah milik semua orang. Dahulu ia juga konsen menawarkan jasa pembuatan blog, web dan tulisan komersil.

Penulis: Maskartini
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved