Breaking News:

Kawasan Industri Mandor Bakal Serap 12 Ribu Tenaga Kerja Baru

Diwacanakan bahwa KIM merupakan kawasan terpadu, di mana kegiatan di dalamnya berisi semua aspek.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Arief
TRIBUN/DOI
Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot menyiramkan adukan semen sebagai tanda peletakan batu pertama pembangunan Kantor Badan Pengelola Kawasan Industri Mandor (KIM) di Desa Kayu Ara, Kecamatan Mandor, Selasa (19/1/2016). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, LANDAK - Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot melakukan peletakan batu pertama pembangunan kantor badan pengelola Kawasan Industri Mandor (KIM) di Desa Kayu Ara Kecamatan Mandor, Selasa (19/1/2016).

Bupati mengatakan, perencanaan pembangunan KIM dilakukan sejak 2009 yang mengarah ke Kecamatan Mandor terdiri dari dua lokasi yaitu KIM 1 seluas 83,94 hektare dan KIM II seluas 255 hektare dengan total seluas 338,94 hektare.

Diwacanakan bahwa KIM merupakan kawasan terpadu, di mana kegiatan di dalamnya berisi semua aspek.

"Dengan konsep kawasan terpadu, jika terisi penuh sesuai rencana, maka diperkirakan akan mampu menyerap sekitar 12.681 tenaga kerja baru yang terdiri dari 12.331 tenga kerja zona industri, area komersil, perdagangan dan sarana penunjang lain dan 350 tenaga kerja dibidang pendidikan dan rumah sakit," ucapnya.

Dikatakan Adrianus, adanya tambahan tenaga kerja akan menyebabkan aliran uang yang signifikan dan dapat menjadi motor penggerak bagi aktivitas ekonomi masyarakat Mandor dan sekitarnya, serta Kabupaten Landak pada umumnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUP) Kabupaten Landak, Erani mengatakan, melalui dinas PUP tahun 2013 mengalokasikan dana untuk melakukan penggusuran jalan dengan lebar 30 meter.

Tahun 2014 dialokasikan Rp 2 miliar, tahun 2015 sebesar Rp 2 miliar ditambah dengan penyiapan lahan sebesar Rp 600 juta dan tahun 2016 Rp 3 miliar.

"Jadi untuk 4 tahun anggaran melalui dinas PU sudah Rp 10 miliar, yang sudah terbangun saat ini 2,3 kilometer dengan lebar 30 meter dan bok 4 buah," katanya.

Bangunan pengelola KIM, lanjutnya, mempunyai 1 lantai dan luas bangunan direncanakan 128 meter persegi yang terbagi menjadi beberapa ruangan.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved