LIPD Laporkan Penyelenggara Pilkada Kapuas Hulu ke Bawaslu

KPUD Kapuas Hulu juga melanggar undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Net
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Lembaga Independen Pemantau Demokrasi (LIPD) melaporkan dugaan pelanggaran yang dilakukan penyelenggara pemilukada (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kapuas Hulu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Barat, Selasa (15/12/2015).

Direktur Lembaga Independen Pemantau Demokrasi (LIPD) Glorio Sanen mengatakan pelaksanaan pemilu kada Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2015 cacat secara konstitusi sehingga LIPD menyatakan ketidakpercayaan kepada penyelenggara pemilukada (KPUD dan Panwaslu) Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2015.

"Pelanggaran pemilukada Kapuas Hulu dilakukan secara sistematik. Contohnya LIPD sebagai lembaga pemantau satu-satunya di Pilkada Kabupaten Kapuas Hulu tidak pernah dilibatkan KPUD dalam setiap tahapan, jadwal dan program pelaksanaan Pilkada," ucapnya kepada awak media di Kantor Bawaslu Jl S Parman Pontianak, Selasa (15/12/2015).

Dikatakan Glorio, selain itu KPUD Kapuas Hulu juga melanggar undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang terbukti ketika LIPD meminta data penyelenggara pemilu namun tidak diberikan.

KPUD juga tidak menyampaikan klarifikasinya yang salah kepada media massa yang telah dikritisi oleh LIPD. Kemudian panitia pengawas pemilu tidak pernah melakukan komunikasi apalagi melibatkan LIPD saat pelaksanaan pemilukada. Panwaslu juga tidak profesional dalam memproses laporan yang disampaikan LIPD .

"Panwaslu juga tidak netral dalam melaksanakan fungsi pengawasan yang terbukti dengan tidak menindaklanjuti laporan pelanggaran pelepasan Alat Peraga Kampanye (APK) salah satu Paslon yang dilaporkan LIPD," jelasnya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved