Waspada, Kembali Marak Target Penipuan Orangtua Siswa

Martias merasa heran kenapa penipuan ini muncul kembali, di saat menjelang pencairan dana beasiswa bagi para siswa dan siswi.

Penulis: Zulkifli | Editor: Steven Greatness
Komunitas Korea Selatan
Ilustrasi penipuan 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Martias (32) guru di satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Sintang, mendapatkan laporan bahwa sejumlah orangtua murid di tempatnya mengajar, nyaris menjadi korban oknum tak bertanggung jawab.

Mereka ditelepon seseorang yang menyatakan anaknya mengalami kecelakaan. Penipu tersebut meminta transfer uang sebagai biaya perawatan sang anak.

"Bahkan seseorang diantaranya sudah dimintai nomor rekening. Untung orangtua tersebut cepat mengkonfirmasi kepada kami," ujarnya, Minggu (29/11/2015).

Martias merasa heran kenapa penipuan ini muncul kembali, di saat menjelang pencairan dana beasiswa bagi para siswa dan siswi.

"Aneh juga. Saat-saat seperti ini masih saja ada orang yang nekat untuk membohongi," ujarnya.

Berdasarkan laporan dari orangtua murid tersebut, para penipu ini disinyalir melakukan aksinya secara berkomplotan.

Awalnya mereka menelepon satu diantara orangtua siswa, mengabari bahwa anaknya mengalami kecelakaan.

Untuk memuluskan aksinya, sekelompok pelaku bahkan sudah disiapkan sedemikian rupa seperti berpura-pura berperan sebagai guru, yang mengabarkan jika anaknya mengalami kecelakaan.

"Kita imbau agar orang tua tidak langsung percaya, bila ada SMS atau telepon yang menyebutkan anaknya kecelakaan. Kroscek dulu kebenaranya kepada pihak sekolah, atau pihak yang disebut pelaku," ungkapnya.

Menindaklanjuti dan sebagai upaya pencegahan, pihak sekolah sudah mengirimkan surat kepada seluruh orangtua murid, agar berhati-hati jika ada penelepon yang menghubungi bahwa anaknya mengalami kecelakaan.

"Tidak ada salahnya untuk waspada. Agar tidak menjadi korban kejahatan," pesan Martias. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved