25 Siswa SMPN 3 Matan Hilir Belajar Mengenal Daun di Hutan

Sejumlah 25 orang siswa-siswi SMPN 3 Matan Hilir Utara terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Fieldtrip (kunjungan lapangan) di hutan Beringin

25 Siswa SMPN 3 Matan Hilir Belajar Mengenal Daun di Hutan
IST
Fieldtrip SMPN 3 Matan Hilir Utara. Pengamatan dan identifikasi dasar taksonomi tumbuhan. 

Citizen Reporter 

 Petrus Kanisius, Yayasan Palung

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Sejumlah 25 orang siswa-siswi SMPN 3 Matan Hilir Utara terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan Fieldtrip (kunjungan lapangan) di hutan Beringin di Kawasan Reboisasi Taman Nasional Gunung Palung , Jumat (20/15/2015) hingga Minggu (22/11/2015).

Untuk mencapai tempat fieldtrip, semua peserta harus melewati jalan setapak dan jalan berlumpur dan titian (jembatan mini dari papan seadanya) namun sangat menantang dan memacu semangat saat semua menaiki kendaraan bermotor untuk sampai di tempat tujuan.

Hujan cukup deras tidak menyurutkan peserta fieldtrip untuk belajar morfologi daun menjadi salah satu hal yang tampak menarik diikuti oleh peserta fieldtrip. Mereka secara seksama mendengarkan materi dan melakukan praktek identifikasi ciri-ciri fisik daun, jenis dan bentuk daun.

Peserta fieldtrip juga dikenalkan sejak dini dengan materi dan praktek pengamatan satwa. Kemudian dilanjutkan materi pengamatan indikator air. Adapun tujuan pemberian materi tersebut sebagai pengenalan awal kepada siswa-siswi untuk mengenali lingkungannya secara langsung.

Selama tiga hari melakukan kegiatan fieldrip, peserta juga diajak untuk bermain game (permainan) untuk kekompakan. Peserta dibagi dalam tiga kelompok (kelompok pertama; Si Beruk, kedua; Kelasi dan Kelompok bekantan) mereka bermain jaring laba-laba, menyanyi bersama, senam kesehatan di pagi hari.

Setiap kelompok fieldtrip mendirikan tenda masing-masing. Mereka juga membuat tungku perapian dan masak perkelompok. 

Pada malam harinya terakhirnya kegiatan, semua peserta berkumpul untuk menyampaikan persentasi dan dilanjutkan dengan acara bebas. Beberapa murid-murid tampak antusias untuk mengisi malam dengan nyanyian, puisi tentang alam dan lingkungan serta pesan dan kesan selama mengikuti fieldtrip.

Dalam melakukan 3 hari rangkaian fieldtrip tersebut, dari SMPN 3 MHU didampingi oleh bapak ibu guru mereka (Bapak David, Ibu Didit, bapak Woni Ordinator), sedangkan dari Yayasan Palung yang ikut bagian dalam kegiatan tersebut antara lain Mriamah Achmad, Edward Tang, Petrus Kanisius, Hadjral dan Wawan Ones (relawan sekaligus aktivis lingkungan).

Kegiatan fieldtrip tersebut berjalan sesuai dengan rencana dan keesokan harinya, Minggu (22/11/2015) kami menyudahi semua rangkaian kegiatan fieldrip.

Penulis: Mirna Tribun
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved