Diselamatkan Tim SAR, Kapal Berbendera Swiss Enggan Ditarik ke Pontianak

Kapal ini usai mengikuti acara di Pulau Karimata, saat dalam perjalanan pulang mengalami trouble mesin

Diselamatkan Tim SAR, Kapal Berbendera Swiss Enggan Ditarik ke Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SUBANDI
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Novi Saputra

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kantor SAR Pontianak berhasil mengevakuasi kapal Momosarua, sebuah yacht berbendera Swiss yang mengalami mati mesin di perairan Selat Karimata, kapal ini diawaki oleh dua warga negara Swiss.

“Kapal ini usai mengikuti acara di Pulau Karimata, saat dalam perjalanan pulang mengalami trouble mesin pada Minggu (8/11/2015),” ujar Kasi Ops Kantor SAR Pontianak, Yulius, Rabu (11/11/2015).

Akibat mesin bermasalah, perangkat komunikasi di yacht ini tidak dapat berfungsi lantaran tidak ada daya untuk mengisi baterai. “Beruntung mereka bisa komunikasi melalui email,” tambahnya

Berbekal komunikasi via email ini kata Yulius kantor SAR Pontianak kemudian melakukan pencarian pada Selasa dan berhasil ditemukan di Laut Selat Karimata.

“Cuaca saat dilakukan rescue itu mulai tidak bersahabat, kemudian kami tarik ke Pulau Betok,” katanya

Saat diberikan opsi untuk ditarik ke Pontianak, kata Yulius kedua warga negara asing ini tidak mau, mereka memilih untuk ditarik ke daerah Nongsa yang masuk ke Kepulauan Riau. “Rescue boat kita tidak memungkinkan melakukan penarikan sampai ke sana,” katanya

Ngotot ingin ditarik ke Nongsa kata Yulius awak yacht ini kemudian menghubungi salah satu operator kapal untuk dilakukan penarikan menuju Kepulauan Riau.

”Selepas dikoordinasikan dengan pimpinan, kita berpegang kalau kondisi mereka sudah selamat, dan untuk tindakan selanjutnya kita serahkan kepada pilihan mereka untuk ditarik ke Nongsa,” ujar Yulius.

Penulis: Novi Saputra
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved