Breaking News:

Bertemu Julang Emas saat Fieldtrip di Lubuk Baji

Dalam perjalanan menuju Camp Lubuk Baji, peserta disuguhi hal menarik. Menariknya adalah ketika peserta bertemu dengan burung julang emas jantan.

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Mirna Tribun
IST
Julang emas. 

Citizen Reporter

Petrus Kanisius
Yayasan Palung

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Beragam hal menarik dijumpai saat Sispala Repatones, SMA St Yohanes bersama Yayasan Palung melakukan field trip (kunjungan lapangan) bersama di Lubuk Baji, Kawasan Zona Penyangga Taman Nasional Gunung Palung, pada 4-6 September 2015, lalu.

Dalam perjalanan menuju Camp Lubuk Baji, peserta disuguhi hal menarik. Menariknya adalah ketika peserta bertemu dengan burung julang emas jantan. Seperti diketahui, burung julang emas yang dalam bahasa latinnya Aceros undulatus tersebut termasuk burung jarang ataupun sulit dijumpai.

"Suatu kesempatan langka dan menarik," ujar Muhammad Rizal Alqadrie.

Langka dan menariknya karena mendokumentasikan (memotret) julang emas tersebut ketika berada di atas pohon di ketinggian ± 25 meter. Julang emas atau Aceros undulatus merupakan spesies burung dari keluarga Bucerotidae, dari genus Aceros. Burung ini merupakan jenis burung pemakan buah-buahan, Ficus (Kayu ara), kepiting, kodok yang memiliki habitat di hutan dataran rendah dan perbukitan.

Julang emas tersebar hingga ketinggian 2.000 m dpl. Ciri-ciri dari julang emas antara lain memiliki tubuh berukuran besar (100 cm). Punggung, sayap, perut hitam, ekor putih.

Untuk burung jantannya dengan ciri-ciri, kepala krem, bulu halus kemerahan bergantung dari tengkuk. Kantung leher kuning tidak berbulu dengan setrip hitam.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved