Breaking News:

Ini Standar Ukuran Pintu-pintu di Rumah

Untuk pintu utama sebaiknya menggunakan 2 daun pintu dengan standar lebar masing-masing pintu adalah 65-75 cm dan tinggi 220-240 cm

NET
Ilustrasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pintu utama terletak di bagian depan, merupakan bagian yang pertama di lihat oleh tamu dan kolega pada saat mereka berkunjug. Ibarat wajah jika rumah adalah manusia, sudah sepantasnya area pintu utama rumah mendapatkan perhatian yang khusus.

Menurut sang arsitek, Achmad Roffie, pintu yang terdapat pada rumah memiliki tiga fungsi. Pertama pintu rumah utama yang biasa digunakan untuk seluruh penghuni dan tamu masuk ke bangunan. Kedua pintu rumah antar ruang dalam bangunan, dan yang ketiga pintu rumah untuk service, seperti garasi, dapur, gudang.

"Untuk pintu utama sebaiknya menggunakan 2 daun pintu dengan standar lebar masing-masing pintu adalah 65-75 cm dan tinggi 220-240 cm atau gunakan sistem 1,5 pintu, dimana masing-masing memiliki dimensi minimal 45 cm dan 85 cm," kata pria yang juga mengajar sebagai dosen di jurusan Arsitektur Politeknik Negeri Pontianak ini.

Lanjutnya, pada pintu utama harus memiliki 2 daun karena seringkali ada acara-acara tertentu yang mengharuskan penghuni untuk membuka pintu selebar-selebarnya, selain itu pada kondisi tertentu (masukkan perabotan misalnya) maka paling efektif menggunakan pintu 2 daun.

Sedangkan pada pintu antar ruang berdasarkan standar telah ditetapakan 85 cm - 95 cm dan tinggi 220 cm-240 cm. Khusus pintu kamar mandi atau toilet memililiki dimensi 75 cm - 85 cm dengan tinggi sama dengan pintu antar ruang. Khusus untuk pintu service di sesuaikan untuk kebutuhan ruang tersebut .

Usahakan minimal terdapat 2 akses yang membedakan antara penghuni dan tamu. "Untuk pintu yang berhubungan dengan ruang luar gunakan bahan yang awet dan tahan, dan siapkan 1 pintu darurat yang mengarah langsung keluar atau halaman, dimana pada kondisi tertentu seperti kebakarn bisa langsung dengan mudah lari menyelamatkan diri," ujar Roffie.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved