Breaking News:

Sispala Kompasta Tanam 100 Bibit Pohon di Sekolah

Bibit yang ditaman terdiri dari 35 bibit mahoni, 35 bibit tanjung, dan 30 bibit trembesi.

Istimewa
Penanaman Pohon secara Simbolis oleh wakil Kepala Sekolah, Minggu (25/5/2014) 

Citizen Reporter
Petrus Kanisius "Pit" | Yayayasan Palung

SEKITAR 60 siswa peserta perwakilan dari berbagai sekolah di Kabupaten Ketapang berkumpul untuk melakukan penanaman 100 pohon di halaman sekolah SMA Negeri 3 Ketapang, Minggu (25/5/2014), pukul 08.00 WIB.

Kegiatan penanaman pohon ini untuk memperingati hari bumi yang jatuh pada bulan April lalu. Namun kegiatan ini baru dilaksanakan hari ini demikian ungkap Tomi, ketua panitia kegiatan penanaman. Lebih lanjut Tomi mengatakan, kegiatan ini lebih kepada bagaimana memaknai kepedulian terhadap bumi lebih khusus kami melakukan penanaman pohon. 100 bibit pohon  yang di tanam tersebut  diperoleh dari Dinas Kehutanan. Bibit yang ditaman terdiri dari 35 bibit mahoni, 35 bibit tanjung, dan 30 bibit trembesi.

Kegiatan yang bertajuk "Penanaman Pohon Peduli Lingkungan sekaligus memperingati hari bumi 2014" tersebut diawali dengan acara  pembukaaan yang diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah, Ibu Siti Aminah.

Dalam kata sambutannya mengatakan; Pihak sekolah  sekali kegiatan ini, seperti inilah bentuk tindak nyata siswa pecinta alam yang harus ditumbuhkan, apa lagi di jaman sekarang banyak generasi muda yang memang kurang menyadari arti pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, mudah-mudahan kegiatan seperti ini bukan hanya berhenti disini saja, tetapi juga harus berkelanjutan.

Selanjutnya juga pembukaan disampaikan pula oleh pembina Sispala KOMPASTA (Kelompok Pencinta Alam SMA Negeri Tiga) Syarif Anwar. Dalam kata sambutannya  mengungkapkan, apa yang telah di lakukan hari ini juga bias memberikan manfaat yang sangat besar kepada kita semua. Kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan pihak Yayasan Palung  dalam hal ini Tri Bedu Nugroho dan Uti Danu Wahyudi (Relawan) yang selalu memberikan kontribusi bagi  Sispala KOMPASTA.

Tri Bedu Nugroho selaku pembimbing Sispala KOMPASTA menambahkan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk nyata dari program kerja yang sudah di buat oleh Sispala tersebut mudah-mudahan mereka bisa untuk belajar peduli pada hal-hal kecil seperti menanam pohon. Kegiatan ini  merupakan salah satu cara bagaimana membentuk karakter dan rasa tanggung jawab sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan kepada anggota Sispala KOMPASTA.


Dalam kegiatan tersebut diikuti juga oleh beberapa Sispala, Sekolah dan Relawan; Sispala Repatones ( SMA PL. St. Yohanes), Sispala Garsisma (MAN 1 Ketapang), Sispala Care (SMA 2 Ketapang), Sispala Tapala (SMK 2 Ketapang), Sispala Genta ( SMK 1 Ketapang), SMA 1 Ketapang,  SMA PGRI, SMA Antiokhia dan Relawan Tajam.


Bonatua Simanjuntak, selaku Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Ketapang,  sangat mendukung kegiatan seperti ini, bahkan tercetus bahwa kepala sekolah berkeinginan untuk menjadikan areal penanaman ini menjadi hutan untuk kedepannya, dengan menanam pohon-pohon langka seperti Belian, nyatoh, meranti, dan lain lain.

Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan di halaman depan dan belakang sekolah tersebut berakhir pada pukul 10. 30 WIB.

Penulis: Stefanus Akim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved