Breaking News:

30 Perwakilan Sekolah dan Relawan Ikuti Pelatihan Kampanye Lingkungan

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Palung bersama Radio Komunitas Gema Solidaritas tersebut dimulai pukul 09.30 WIB

Penulis: Stefanus Akim | Editor: Jamadin
Istimewa
Para peserta pelatihan kampanye lingkungan 

Citien Reporter

Petrus Kanisius Pit | Yayasan Palung


SEBANYAK 30 peserta dari perwakilan sekolah, relawan dan perwakilan Sispala mengikuti pelatihan kampanye lingkungan lewat radio bagi penyiar pemula, Sabtu (24/5/2014), bertempat di studio radio komunitas Gema Solidaritas, 107.7 FM, Ketapang, Kalbar.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Palung bersama Radio Komunitas Gema Solidaritas tersebut dimulai pukul 09.30 WIB. Kegiatan ini dibuka oleh Viktor Irwin dari radio Komunitas Gema Solidaritas dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Mariamah Achmad yang mewakili Yayasan Palung.

Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan peserta dan panitia yang di pimpin oleh Tri Bedu Nugroho dengan permainan game, semua peserta pelatihan dengan menyebut nama dan asal, semua peserta secara berkeliling dan bergilir untuk saling mengenal dengan membentuk lingkaran, semua peserta diberi kewajiban untuk bisa mengingat nama semua peserta.

Dalam penyampaian materi dengan mengetengahkan dasar-dasar radio, penyampaian informasi dengan radio tidak terlepas dari unsur-unsur jurnalistik dan bagaimana mengolah informasi dan bagaimana mengemas informasi agar khalayak (audiens)/ pendengar dapat memperoleh informasi dengan cepat. Seperti dikemukakan Viktorianus Irwin sebagai pemateri, mengatakan; saat ini Radio sangat penting dalam penyambung lidah terkait isu-isu sosial, ekonomi masyarakat, terlebih isu lingkungan.

Lebih lanjut, Irwin menegaskan, saat ini radio sangat sentral dalam menyampaikan informasi selain media lainnya seperti media cetak dan elektronik. Kaum muda sebagai untuk ikut dalam mengkampanyekan lingkungan. Selain itu juga, Irwin sangat berterima kasih atas kehadiran peserta pelatihan yang memiliki tujuan kepedulian bersama untuk kampanye lingkungan yang selanjutnya juga para peserta dapat bersiaran (siaran) di radio atau dapat menjadi koresponden yang mudah-mudahan bisa memberikan penyadaran, pengetahuan dan penyampaian informasi bagi semua pula, tegasnya lagi.

Selain itu, pria yang akrab di sapa Irwin tersebut menambahkan, infomasi sejatinya merupakan fakta tentang sebuah peristiwa. jika kita anda dan semua sangat bertanggung jawab terkait informasi yang di sampaikan bila menjadi penyiar. Saat ini menurutnya, Radio komunitas Gema Solidaritas sangat bersyukur bila nantinya dapat menjadi sarana untuk saling berbagi dan diaplikasikan menjadi media pemberdayaan terlebih khusus untuk penyebaran informasi kampanye lingkungan. peran penting berita untuk disampaikan. radio komunitas sebagai perintis dikala media lain belum sempat menyampaikan.

Peserta Pelatihan selain diberikan materi dasar-dasar radio dan jurnalistik juga diberikan materi lingkungan oleh Desi Kurniawati. Para peserta diajak untuk mengemas berita dengan kaedah-kaedah jurnalistik radio. Selanjutnya membuat skrip radio dan mengolah informasi tersebut menjadi layak untuk di sampaikan sebagai materi siaran.

Para peserta yang terdiri dari Sispala seperti; Sispala Repatones ( SMA PL. St. Yohanes), Sispala Care (SMA Negeri 2 Ketapang), Sispala Genta ( SMK 1 Ketapang), Sispala Garsisma (MAN Ketapang), Sispala Kompasta (SMA 3), Penyiar pemula relawan Radio GS dan CU PS, Relawan Tajam ( Relawan Yayasan Palung di Ketapang) dan Relawan RebonK (Relawan Yayasan Palung di KKU) di ajak untuk belajar siaran secara On Air dan Off Air. Pada saat belajar siaran, tanpak dari para peserta semangat mengikuti walau ada beberapa yang masih belum terbiasa. Satu persatu mereka diajak untuk mencoba melakukan siaran di Pandu oleh Andika Combet.

Pada akhir acara sebelum penutupan pelatihan, para peserta bersepakat untuk; Ikut serta dalam siaran/ menjadi penyiar yang selanjutnya mereka akan membuat jadwal siaran secara bergiliran pada setiap hari minggu. Para peserta juga memiliki kesepakatan untuk menyampaikan isu-isu lingkungan, sosial budaya masyarakat sekitar. Kegiatan yang selesai pada pukul 15.20 Wib tersebut berjalan sesuai rencana dan mendapat tangapan baik dari semua peserta.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved