Editorial

Menelisik Bunda Putri

Menurut Luthfi, Bunda Putri memiliki informasi yang sahih terkait dengan kebijakan reshuffle karena dekat dengan Presiden.

Menelisik Bunda Putri
ISTIMEWA
FOTO DIPO - Foto Sekretaris Kabinet Dipo Alam dan seorang perempuan yang disebut-sebut sebagai Bunda Putri beredar sejak Jumat (11/10/2013) malam di internet. 

NAMA Bunda Putri mendadak ramai diguncingkan lantaran pengakuannya sebagai 'orang dekat' istana, dan sejumlah tokoh nasional. Nama Bunda Putri beberapa kali muncul dalam persidangan kasus dugaan suap pengaturan kuota impor daging sapi dan pencucian uang di Pengadilan Tipikor Jakarta, baik dengan terdakwa mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Luthfi Hasan Ishaaq maupun Fathanah, juga keterangan sejumlah saksi.

Pengakuannya kepada mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq yang menyebut bahwa Bunda Putri adalah orang yang sangat dekat dengan Presiden SBY dan disampaikan Luthfi saat memberi kesaksian dalam sidang tersebut suap impor daging, Kamis (9/10), menyulut kemarahan Presiden SBY. Luthfi mengaku pernah mendatangi rumah Bunda Putri untuk menanyakan rencana reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu.

Menurut Luthfi, Bunda Putri memiliki informasi yang sahih terkait dengan kebijakan reshuffle karena dekat dengan Presiden.

Menanggapi kesaksian Luthfi, Presiden marah. Di hadapan wartawan saat tiba dari lawatannya ke luar negeri, di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (10/10), Presiden membacakan kutipan berita yang ia terima dari stafnya. "Bunda Putri orang yang sangat dekat dengan Presiden. Seribu persen Luthfi bohong. Saya tidak tahu, saya tidak kenal, dan tidak ada kaitan dengan saya," kata Presiden seperti dikutip Tribunnews.com.

Menurut Presiden, jika Bunda Putri disebut mengenal dekat dirinya, pasti perangkat lembaga kepresidenan tahu. Perangkat yang dimaksud SBY adalah Mensesneg dan sekretaris pribadi.
Sebab, tegas Presiden, kalau orang berhubungan dengan saya atau ingin ketemu saya, atau telepon saya, kirim surat ke saya, pasti melewati sistem. Sudah saya cek semuanya, tidak ada satu pun yang tahu.

Bunda Putri juga menggoncangkan dunia maya. Fotonya bersama Sekretaris Kabinet, Dipo Alam beredar sejak Jumat (11/10) malam di internet. Dipo langsung angkat bicara membantah soal foto yang beredar tersebut dalam akun Twitter-nya, @Dipo Alam Seskab. "1) Soal photo saya yg dikatakan beredar dengan orang yg dikatakan sebagai Bunda Puteri saya tidak tau photo siapa, dalam event apa, & kapan?" tulis Dipo di akun Twitter-nya, Sabtu (12/10).

Dalam foto yang beredar tersebut, tampak pria yang disebut sebagai Dipo Alam dan seorang perempuan yang disebutkan sebagai Bunda Putri di sebelah kirinya. "2) Sebagai pejabat publik saya banyak berfoto dgn masyarakat, yg pasti saya tdk tau & kenal siapa Bunda Puteri, dan tdk berurusan dgn dia," lanjutnya kemudian.

Sebelumnya Wapres Boediono juga sampai harus menggelar jumpa pers mendadak. Ini karena Mentan Suswono yang notabene kader PKS saat memberikan kesaksian di sidang Fathanah, mengaku datang ke rumah Bunda Putri untuk memastikan apakah benar Tuti Iswari yang dikenalkan oleh Bunda Putri ke salah satu Dirjen di Kemtan merupakan adik kandung Boediono. Tuti dalam keterangannya menyebut bahwa Bunda Putri adalah Non Saputri.

Mentan Suswono juga mengakui pernah bertemu dengan sosok Bunda Putri saat peresmian pabrik pupuk terbesar se Asia Tenggara PT SSA di Singkawang, Kalbar. "Pertemuan itu terjadi di Kalimantan Barat ketika saya mengunjungi pabrik pupuk organik milik Bunda Putri. Kalau tidak salah tahun 2010 atau 2011," ujar Suswono di Gedung DPR.

Namun klaim Bunda Putri yang dikutip Suswono itu sudah dibantah oleh Sangian Sudjono, Direktur Eksekutif/ Komisaris PT Sinka Sinye Agrotama Singkawang Kalbar.

"Saya sama sekali tidak terlibat dalam kasus tersebut, dan saya mengenal Bunda Putri juga sebatas pertemuan bisnis pupuk. Ketemu saat kunjungan Menteri Pertanian Suswono beberapa tahun lalu di Singkawang, dan sekitar dua kali pertemuan," ungkapnya kepada wartawan pada konferensi pers di Pontianak, Rabu (18/9).

Meski beberapa pihak yang diklaim kenal dekat oleh Bunda Putri sudah membantah, hingga kini sosoknya masih misterius dan belum diketahui siapa sebenarnya Bunda Putri. Untuk itu KPK tak perlu ragu bertindak menelusuri sosok misterius yang mengaku-ngaku dekat dengan Presiden SBY dan beberapa pejabat penting.

Semoga asumsi dibawah ini tidak benar, yakni ibarat kue yang lezat, semua lidah ingin mengecapnya, namun ketika makanan sudah basi, lidah pun langsung bersilat. (tribun cetak)

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved