Editorial

Terus Berinovasi

Bedanya, koran digital menyajikan berita dan informasi dalam bentuk yang lebih kenyal dan longgar ketimbang koran cetak

Terus Berinovasi
www.tribunpontianak.co.id

MEDIA  digital kini tumbuh subur, bak cendawan di musim hujan. Seperti dipupuk, kanal berita online kian besar dan kuat, memperlebar jejaring di ruang virtual yang tanpa batas. Selain bertumbuh, media digital juga menyedot perhatian publik dan mencetak angka bisnis yang tinggi di saat yang sama.

Sebagai contoh, saudara tua Tribun Pontianak, Kompas.com, satu di antara portal berita online terbesar di Indonesia, menurut Direktur Grup Digital Kelompok Kompas Gramedia, Edi Taslim, dalam sehari ada jutaan pengunjung situs Kompas.com. Sehari, kata Edi seperti dilansir tablod Serikat Penerbit Suratkabar, Pers Kita (Februari 2013) sekitar 2-4 juta pengunjung.

Di sisi lain, mengutip hasil riset WAN-IFRA, tahun 2012 terjadi kenaikan durasi konsumsi media secara global. Waktu untuk membaca koran cetak cenderung tetap dalam lima tahun terakhir, yaitu sekitar 30 menit. Sedangkan level konsumsi internet naik sebesar 20 menit. Dan saat ini, tiap orang rata-rata menghabiskan 170 menit perhati untuk mengakses internet.

Dengan khalayak yang terus bertumbuh secara signifikan, tak heran jika secara global tahun 2013, para pakar periklanan media meramalkan, total iklan digital akan mencapai angka 28,26 juta dollar Amerika. Jumlah tersebut setara dengan 5,3 persen dari total uang yang dihabiskan untuk beriklan di media.

Sadar dengan kenaikan signifikan pada kanal digital, memasuki tahun kelima, 1 Agustus 2013, harian Tribun Pontianak hadir melayani masyarakat Kalimantan Barat sengaja mengambil tema Towards Digital Generation. Penjelasan lain mengenai tema ini bisa dibaca di kolom di halaman 1 edisi hari ini.

Menghadapi serbua media digital, media sekarang tak cukup hanya mengandalkan pada oplah atau iklan media konvensial edisi cetak atau print. Media juga perlu terus melakukan inovasi, kreatif, mengedepankan perwajahan yang lebih atraktif, dan bagaimana media itu punya pengaruh kepada khalayak ramai. Karena itu kami mencoba untuk terus melakukan inovasi.

Sebenarnya, sudah sejak beberapa tahun lalu, selain menerbitkan edisi cetak, Tribun Pontianak juga menerbitkan media online www.tribunpontianak.co.id. Kehadiran Tribun Pontianak dalam dunia digital, sebuah layanan multimedia yang bersifat real time dan terus menerus di-up date, semoga semakin terjaga konsistensinya.

Mulai awal tahun 2013, secara konsisten kami juga menerbitkan kembali Digital Newspaper yang pernah kami terbitkan tahun 2011 dan vakum sepanjang tahun 2012. Koran digital ini terbit setiap hari dua kali, pagi pukul 06.00 WIB dan sore pukul 16.00 WIB. Ini merupakan koran digital pertama di Kalimantan Barat.

Koran Digital Tribun Pontianak adalah koran dalam bentuk digital online yang memiliki keterkaitan satu sama lain dengan koran edisi cetak dan portal online, terutama dari sisi konten. Bedanya, koran digital menyajikan berita dan informasi dalam bentuk yang lebih kenyal dan longgar ketimbang koran cetak. Meski tak semarak iklan media cetak, iklan media digital di Tribunpontianak.co.id sedikit demi sedikit mengalami pertumbuhan yang pasti. Ini menunjukkan minat memasang iklan di media digital semakin tumbuh.

Dan untuk edisi ulang tahun ke-5, Tribunpontianak.co.id mempersembahkan inovasi baru berupa portal jual beli (TribunJualBeli.com). Portal ini dimaksudkan untuk memperkuat iklan baris Tribun Pontianak melalui pemasangan gratis di TribunJualBeli.com.

Sesuai dengan standar iklan baris di TribunJualBeli.com, iklan baris di edisi print yang akan kami masukan ke TribunJualBeli.com juga dilengkapi email pemasang iklan, harga, dan foto produk. Jadi silakan para klien tribun untuk memanfaatkan pelayanan baru ini dengan memasang iklan baris di edisi cetak, bonus gratis pemasangan di portal tribun jual beli Tribun Pontianak.

Pembaca budiman, dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih atas dukungannya selama ini. Kami juga menyampaikan permohonan maaf manakala masih ada kekurangan pada diri kami dalam penyajian berita, pola hubungan dengan narasumber, pelayanan kepada para

pelanggan dan pemasang iklan, serta komunikasi dengan para mitra kerja. Bagaimanapun, kami semua yang mengelola harian Tribun Pontianak adalah manusia biasa yang tak luput dari salah. (tribun cetak)

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved