Breaking News:

Sepekan Desi Mandi Dua Kali

Pasca transaksi tersebut berencana memelihara orangutan tersebut karena dia merasa orangutan ini dilindungi.

Penulis: Ali Anshori | Editor: Jamadin
Sepekan Desi Mandi Dua Kali
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KETAPANG- Satu lagi Orangutan betina berhasil direscue. Penyelamatan (rescue- Red)  di Desa Pemangkat, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

Tim Rescue terdiri dari International Animal Rescue/(IAR) berjumlah dua orang,  BKSDA Wilayah 1 Ketapang berjumlah dua orang, dan dari Yayasan Palung Ketapang berjumlah satu orang, berangkat dari Ketapang pada pukul 13.00 Wib menuju tempat pemelihara orang utan yang berinisial H, sekitar pukul 15.00.

Dihalaman rumah H, terlihat sebuah kandang yang terbuat dari besi dengan ukuran lebar 5 meter dan panjang 5 meter. Kandang tersebut terlihat berisi  orangutan yang beranjak dewasa, diperkirakan umur  4 tahun.

Sang pemilik orang utan menceritakan asal muasal orangutan betina tersebut, berawal dari seseorang teman dari daerah transmigrasi di Sekitar desa Pemangkat menawarkan orangutan yang kondisinya masih bayi (Sekitar umur 2 minggu) tahun 2010.

Dia menemukan orangutan tersebut disekitar kawasan pembukaan lahan sawit kemungkinan di daerah Matan. Setelah itu di jual, karena masih bayi penjualnya hanya menghargai bayi tersebut dengan harga Rp. 50.000.

Pasca transaksi tersebut berencana memelihara orangutan tersebut karena dia merasa orangutan ini dilindungi.  Setelah 6 bulan dipelihara, orang utan betina yang diberi  nama Desi dibuatkan kerangkeng sebagai tempat kediaman diletakkan di samping rumah.

Menurut dr. Adi (dokter hewan dari IAR), kondisi orangutan yang direscue kali ini kondisinya kurus, tidak agresif usia orangutan tersebut diperkirakan berusia 4 tahun. Lebih lanjut, dr. Adi mengatakan bahwa usia  Desi dapat dilihat dari formulasi giginya.

 Selama dalam pemeliharaan Desi diberi makan buah apel, buah jagung, buah pisang dan daging ayam yang direbus oleh pemiliharanya H. Desi dimandikan  dua kali dalam seminggu.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved