Breaking News:

Citizen Reporter

Orangutan di Dusun Kepayang, Berhasil Diselamatkan

orangutan tersebut berumur satu tahun dengan jenis kelamin Jantan, ditemukan di lokasi perkebunan sawit yang terpisah dari induknya.

Penulis: Ali Anshori |
Orangutan di Dusun Kepayang, Berhasil Diselamatkan
Net
Ilustrasi
Citizen Reporter
Orangutan di Dusun Kepayang, Berhasil Diselamatkan
Oleh : Petrus Kanisius (Anggota Yayasan Palung Ketapang)

Belum lama ini, International Animal Rescue/ IAR, BKSDA dan Yayasan Palung melakukan Rescue (Penyelamatan-Red) Orangutan di Dusun Kepayang, Desa Laman Satong, Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang.

Kami berangkat menggunakan dua buah mobil dan membawa serta kerangkeng satu buah untuk penyelamatan orangutan. Dari IAR yang berangkat Lima orang, BKSDA Wilayah I Ketapang, dua orang dan Yayasan Palung  satu orang.

Kami tiba di dusun Kepayang kemudian menyambangi kediaman  pemelihara orangutan berinisial (F). Namun, saat tim datang pemilik orangutan sedang tidak berada di rumah, tim rescue hanya berjumpa dengan  anak pemilihara orangutan. Orangutan tersebut kondisinya bisa dinyatakan sehat, pernyataan tersebut disampaikan oleh dokter hewan yang ikut dalam Rescue.

Informasi yang didapat dari anak F,  orangutan tersebut  berumur satu tahun dengan jenis kelamin Jantan, ditemukan di lokasi perkebunan sawit yang terpisah dari induknya. Lebih lanjut anak bapak F menceritakan, orangutan  sudah satu bulan dipemilihara bapaknya.

Direktur Yayasan Palung, Tito P. Indrawan,  berharap semoga di masa yang akan datang kasus-kasus pemiliharaan seperti ini dapat diproses secara hukum, hal ini dimaksudkan memberikan efek jera kepada seluruh masyarakat  yang memilihara Orangutan.

Setelah dilakukan proses tersebut, orangutan selanjutnya diberi minuman susu oleh Dokter Hewan untuk dibawa ke IAR untuk periksa lebih jauh mengenai kesehatannya. Pukul 13.00 Wib, tim rescue pulang menuju ke Ketapang.  (*/ali)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved