Aktivitas Kebun Sawit Picu Pencemaran Sungai

Ini sudah lintas sektoral dan juga lintas daerah, karena daerah aliran sungai tidak mengenal batas administratif daerah

Aktivitas Kebun Sawit Picu Pencemaran Sungai
NET
Aktivitas PETI
SAMBAS, Tribunpontianak.co.id- Kabid Pengendalian Dampak Lingkungan Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat (Kalbar), Hayya Mardiana, mengungkapkan pencemaran sungai Sambas tidak hanya akibat PETI. Aktivitas di perkebunan sawit juga menjadi penyebab.

Hal itu sesuai dengan hasil monitoring yang dilakukan dalam beberapa hari terakhir. "Kami hanya bersifat monitoring saja, sementara untuk penindakan ada di intansi lain," kata Mardiana kepada Tribunpontianak.co.id, Senin (23/05/2011).

Menurutnya pencemaran sungai, tidak hanya dilihat secara kimiawi atau biologi, tapi juga bisa dilihat secara langsung melalui fisik.

"Kalau kita lihat secara fisik, Sungai Sambas keruh. Inikan tidak hanya melibatkan satu instansi saja, tapi juga pihak lainnya," katanya.

Selain pemerintah setempat penanganannya bisa juga melibatkan provinsi. Hal itu sangat memungkinkan karena aktivitas PETI, berada di penghuluan sungai Sambas dan sebagian di Kabupaten Bengkayang.

"Ini sudah lintas sektoral dan juga lintas daerah, karena daerah aliran sungai tidak mengenal batas administratif daerah," katanya.
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved