259 Meriam Karbit Siap Meriahkan Festival, Ayo Kunjungi Pontianak

Sebanyak 259 meriam karbit siap menyemarakkan Festival Meriam Karbit yang akan digelar pada malam Idul Fitri 1440 Hijriyah mendatang

259 Meriam Karbit Siap Meriahkan Festival, Ayo Kunjungi Pontianak
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Festival meriam karbit 2018 lalu. 

Citizen Reporter
Humas Pemkot Pontianak
Jimmy Ibrahim

259 Meriam Karbit Siap Meriahkan Festival, Ayo Kunjungi Pontianak

PONTIANAK - Sebanyak 259 meriam karbit siap menyemarakkan Festival Meriam Karbit yang akan digelar pada malam Idul Fitri 1440 Hijriyah mendatang.

Jumlah keseluruhan meriam itu berasal dari 39 kelompok yang menjadi peserta festival.

Ketua Forum Permainan Meriam Karbit, Fazri Udin mengatakan, saat ini persiapan untuk festival sudah mencapai di atas 50 persen. "Tahun ini pembukaan festival dipusatkan di Gang H Mailamah Jalan Adisucipto," ungkapnya usai rapat koordinasi Festival Meriam Karbit di Ruang Rapat Wali Kota, Selasa (14/5).

Menurutnya, meriam karbit merupakan permainan tradisional khas Pontianak dan sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"Kita berharap melalui Forum Meriam Karbit, budaya ini tetap eksis setiap tahunnya dan bisa dinikmati masyarakat luas," sebut Fazri.

Terpisah, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono meminta panitia Festival Meriam Karbit mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan penyelenggaraan event ini.

Baca: Edi Kamtono Ajak Warga Tingkatkan Kepedulian Sosial

Baca: BREAKING NEWS - Satu Rumah di Jalan Panca Bakti Hangus Terbakar Disambar Petir saat Dini Hari

Baca: Tengah Hamil 4 Bulan, Kartika Putri Tiba-tiba Mendadak Lupa Panggilan Sayang Pada Suaminya

"Saya minta panitia pelaksana benar-benar mempersiapkan secara matang, baik itu kemasan acaranya, pembukaan, panggung utama serta pengaturan tamu undangan," katanya.

Sebagai permainan tradisional, sambung Edi, permainan meriam karbit tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Pontianak, terutama yang bermukim di pinggiran Sungai Kapuas.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved