Ramadan

Ada Tiga Orang Doanya yang Tidak Ditolak, Termasuk Orang Yang Berpuasa Sampai Dia Berbuka

Sudah 9 hari kita menjalankan ibadah puasa, tidak terasa menjalani dengan hati yang ikhlas karenaNya menjadikan kita bergairah

Ada Tiga Orang Doanya yang Tidak Ditolak, Termasuk Orang Yang Berpuasa Sampai Dia Berbuka
IST/Tribunnews
Ilustrasi Berdoa 

Ada Tiga Orang Doanya yang Tidak Ditolak, Termasuk Orang Yang Berpuasa Sampai Dia Berbuka

PONTIANAK - Sudah 9 hari kita menjalankan ibadah puasa, tidak terasa menjalani dengan hati yang ikhlas karenaNya menjadikan kita bergairah untuk mengamalkan perintah-perintahnya.

Saat menjelang berbuka puasa, ada baiknya kita banyak mengamalkan doa-doa. Doa yang meliputi seluruh keagungannya, doa yang menjadikan kita dekat dengannya bahkan doa meminta seluruh kebaikan di dunia dan akhirat adalah sangat baik kita amalkan.

Anjuran memperbanyak doa ketika berbuka puasa Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْإِمَامُ الْعَادِلُ، وَالصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ السَّحَابِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.”

Baca: Wali Kota Singkawang Dukung SMKN 2 Bentuk Jurusan Perfilman

Baca: Tjhai Chui Mie Apresiasi Dua Siswa SMK Negeri 2 Singkawang Dapat Nilai Sempurna UNBK

Baca: Menggemparkan, Parodi Emak-emak Tampilkan Aksi Ajak Tarawih Ala BLACKPINK

(HR. At-Tirmidzi 2526, Thabrani dalam Al-Ausath 7111. Syaikh Aqil bin Muhamad Al-Maqthiri mengatakan: Hadis ini statusnya hasan berdasarkan gabungan semua jalurnya. Hadis ini juga dinilai hasan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Talkhis Al-Habir, 2:96).

 Hadis di atas menunjukkan anjuran bagi orang yang sedang puasa untuk memperbanyak berdoa sebelum dia berbuka. Sebagian ulama menegaskan bahwa hadis ini tidak ada hubungannya dengan berdoa ketika berbuka. Karena teks hadis ini bersifat umum, bahwa orang yang sedang berpuasa memiliki peluang dikabulkan doanya di setiap waktu dan setiap kesempatan, sebelum dia berbuka. (I’lamul Anam bi Ahkam As-Shiyam, Hal. 76).

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved