Pemilu 2019

Kubu Prabowo Tak Tandatangani Hasil Pleno Dinilai akan Berdampak Pada Legitimasi Hasil Pemilu

Jangan sampai menimbulkan kesan bahwa ada problem kecurangan dan pelanggaran, padahal tidak ada laporan

Kubu Prabowo Tak Tandatangani Hasil Pleno Dinilai akan Berdampak Pada Legitimasi Hasil Pemilu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Umi Rifdiawaty 

Kubu Prabowo Tak Tandatangani Hasil Pleno Dinilai Akan Berdampak Pada Legitimasi Hasil Pemilu

PONTIANAK - Presedium JaDI Kalbar, Umi Rifdiawaty menilai dengan tidak ditandatanganinya hasil pemilu oleh 02 tentu akan berdampak pada legitimasi proses dan hasil pemilu.

Ia pun mengungkapkan secara legal formal tidak ada masalah jika dari pihak 02 enggan menandatangani hasil pemilu.

"Secara legal formal memang sah sah saja jika peserta pemilu tidak bersedia menandatangani Berita Acara hasil rekapitulasi penghitungan suara," kata Umi.

"Tetapi kalau dilihat dari alasan penolakan penandatanganan oleh pihak 02, tentang adanya dugaan pelanggaran dan dugaan kecurangan ini harus diberikan penjelasan lebih lanjut, apakah pihak 02 sudah menyampaikan laporan terkait dugaan pelanggaran dan kecurangan serta sudah seperti apa tindaklanjut dari penyelenggara terhadap laporan tersebut," tuturnya, Minggu (12/5/2019).

Baca: Dapat Ketua DPRD Provinsi Kalbar, Karolin Tegaskan PDI Perjuangan Bekerjasama dengan Semua Pihak

Baca: Jokowi Raih 1.709.896 Suara Pilpres 2019 Kalbar, Ini Perbandingan Pleno KPU Provinsi Vs Real Count

 

Bawaslu kata dia, harus menjelaskan ada tidaknya laporan, dan jika ada harus dijelaskan progresnya kalau sudah diproses.

"Jangan sampai menimbulkan kesan bahwa ada problem kecurangan dan pelanggaran, padahal tidak ada laporan. Karena dapat berdampak pada legitimasi proses dan hasil pemilu itu sendiri," tukasnya.

Kubu Prabowo tidak menandatangani hasil dari rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu 2019 di tingkat KPU Provinsi Kalbar untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Seperti yang diketahui, hasil dari penghitungan perolehan suara pemilu 2019 untuk Pilpres 2019 khususnya di Kalbar dimenangkan oleh Jokowi.

Paslon 01, Jokowi-KH Ma'ruf Amin mendapatkan 1.709.896 suara sedangkan Paslon 02. Prabowo-Sandi mendapatkan 1.263.757 suara.

Halaman
123
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved