Jelang Lebaran, Pertamina Kalbar Pastikan Ketersediaan BBM Aman

Benny mengatakan, persiapan peningkatan jumlah ini dilakukan berdasarkan tinjauan dari rata-rata realisasi harian all gasoline.

Jelang Lebaran, Pertamina Kalbar Pastikan Ketersediaan BBM Aman
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Sales Executive Retail VI Pertamina Wilayah Kalbar, Benny Hutagaol saat ditemui di Kantor Pertamina Jalan Lentnan Sutoyo Pontianak, Minggu (12/5/2019) 

Jelang Lebaran, Pertamina Kalbar Pastikan Ketersediaan BBM Aman

PONTIANAK - PT Pertamina (persero) memastikan ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) aman jelang Lebaran 2019. Perusahaan minyak pelat merah ini telah meyediakan pasokan BBM sekitar 14 persen lebih banyak dari konsumsi sehari-hari, Minggu (12/5/2019)

Sales Executive Retail VI Pertamina Wilayah Kalbar, Benny Hutagaol mengatakan khusus gasoline, seperti premium, pertalite akan mengalami peningkatan.

“Seminggu bahkan H-1 jelang lebaran paling signifikannya bisa meningkat sekitar 14 persen. Mungkin kita butuh pasokan 14 persen dari 2000 Kilo Liter (KL) sekitar 150-160 KL untuk tambahannya, estimasinya seperti itu. Kemungkinan kita tambahkan BBM seminggu terakhir supaya menutupi permintaan yang pasti melonjak di h-6 nanti,” jelasnya.

Baca: Pertamina Tambah Suplai 21. 840 Tabung Gas LPG 3 Kg untuk Kota Pontianak, se Kalbar Naik 9 %

Baca: Pertamina Tambah Pasokan LPG 5.600 Tabung ke Kapuas Hulu, Imbau Masyarakat Tenang

Benny mengatakan, persiapan peningkatan jumlah ini dilakukan berdasarkan tinjauan dari rata-rata realisasi harian all gasoline.

“Seperti produk premium, pertalite, pertamax, pertamax turbo yang rata-rata hampir semua sekitar 1700 KL sehari. Kalau pembagiannya, pertalite di angka 60 persen sekitar 1000 KL, premium sekitar 600 KL, pokonya kurang lebih 1500 sampai 1700,” ujar Benny.

Selain sediakan BBM, Pertamina juga setiap tahunnya selalu melakukan Satuan Petugas (Satgas) lebaran, yang di tugaskan untuk standby selama masa lebaran. Kemudian menyiapkan infasruktur dan mobil tanki di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM).

Untuk di wilayah Kalbar sendiri Benny menyebutkan ada 4 tempat penyaluran BBM yaitu TBBM siantan, TBBM SINTANG, Jobber Ketapang dan Jobber Sanggau. 

Baca: Pertamina Tambah 21.830 Tabung LPG Subsidi di Pontianak Selama Ramadan

Baca: Pertamina Jamin Pasokan Gas LPG 3 Kg Aman Selama Ramadan

“Ini supply pointnya untuk semua SPBU atau APMS di seluruh kalbar. Jadi kita disiapkan stok yang disana, selain persiapan orang sarfas, kita juga meminta minta mitra kita yaitu SPBU atau agen-agen yang ada Kalbar untuk menyiapkan LO mereka untuk melakukan pemesanan lebih dari sebelumnya. Misalnya mereka sehari 10 KL, nanti itu akan ada dilebihkan supaya ketika sewaktu-waktu ada kekosongan kita bisa mengirim dengan segera,“ paparnya.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, Benny mengungkapkan jumlah BBM pasti ada peningkatan, dan untuk gasoline estimasinya kenaikannya kurang lebih sekitar 6 sampai 8 persen.

“Tahun lalu di angka 1600an sekarang sekitar 1700,“ katanya.

Baca: Mashudi Minta Pemkot dan Pertamina Koordinasi Pengawasan LPG Bersubsidi

Benny berharap agar masyarakat tidak khawatir tentang kelangkaan bbm. Dengan telah disiapkannya seluruh aspek untuk menyambut lebaran, semoga tidak ada kendala di lapangan kelak. Dan ia pun mengimbau kepada spekulan oknum tertentu jangan sampai memanfaatkan kesempatan untuk menimbun.

“Intinya TTBM kita lengkap, seluruh produk ada, dari premium, pertilite, pertamax, pertamax turbo, solar, dex lite, dan dex. Stok yang ada sekarang berkisar antara 9 sampai 16 hari tergantung prduknya, 9 hari itu maksudnya walaupun tidak ada pasokan, selama 9 hari kedepan masih ada. Kalau ada kendala di jalan, karena estimasi pengiriman kapal PP itu sekitar 3 hari paling lambat 5 hari, kalaupun mentok sampai 8 hari hari ke 9 kita sudah menyalurkan,” jelasnya.

Apabila ada beberapa lokasi yang mengalami kekosongan atau mungkin sedang menunggu pengiriman bisa melapor ke kontak Pertamina yaitu 135 atau melalui Tribun Pontianak.

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved