Bandara Supadio Prediksi Akan Terjadi Peningkatan Penumpang Jelang Lebaran Hanya 0,7 Sampai 1 Persen

Memasuki hari ke 4 bulan puasa, jumlah penumpang penerbangan di Bandara Supadio Pontianak belum terpantau ada lonjakan volume penumpang

Bandara Supadio Prediksi Akan Terjadi Peningkatan Penumpang Jelang Lebaran Hanya 0,7 Sampai 1 Persen
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/MIA MONICA
Officer In Charge Bandara Supadio Pontianak, Sulkarnaini saat ditemui diruangan OIC Terminal Bandara Supadio Pontianak, Jumat (10/5/2019). 

Bandara Supadio Prediksi Akan Terjadi Peningkatan Penumpang Jelang Lebaran Hanya 0,7 Sampai 1 Persen

PONTIANAK - Memasuki hari ke 4 bulan puasa, jumlah penumpang penerbangan di Bandara Supadio Pontianak belum terpantau ada lonjakan volume penumpang, baik dari keberangkatan maupun kedatangan, Jumat (10/5/2019).

Officer In Charge Bandara Supadio Pontianak, Sulkarnaini mengatakan di momen ramadan tahun ini, dalam sehari rata-rata penumpang penerbangan sekitar 8.000 sampai 8.500 penumpang di Bandara Supadio Pontianak.

“Rata-rata 8.000 penumpang sampai 8.500 pergerakan penumpang, dari dan menuju ke Pontianak, itu per hari ya,” ucapnya.

Ia pun mengatakan jika dibanding dengan 4 hari di bulan ramadan tahun lalu, jumlah penumpang penerbangan sedikit menurun. Di tahun lalu bisa mencapai angka 10 ribu penumpang per harinya. 

Ia menduga hal ini dikarenakan faktor bulan ramadan yang tidak bersamaan dengan hari libur sekolah serta tarif tiket penerbangan yang diterapkan oleh maskapai penerbangan cukup mahal.

“Belum terjadi lonjakan di tahun ini mungkin karena tidak bersamaan dengan libur sekolah, kalau tahun sebelumnya kemungkinan bertepatan dengan hari libur dan harga tiket masih wajar,” jelasnya.

Sulkarnaini menyebutkan Corporate Angkasa Pura II memprediksi pertumbuhan penumpang berkisar 3,2 persen. Sementara di Bandara Supadio Pontianaknya sendiri diprediksikan penumpang hanya akan mengalami peningkatan antara 0,7 persen sampai dengan 1 persen.

“Memang kita gak berani memproyeksikan peningkatan jumlah penumpang pada ramadan tahun ini, karena kita melihat kondisi yang seperti ini ya,” katanya.

Dan untuk persiapan peningkatan penumpang di bulan ramadan sampai H+7 lebaran nanti, management Bandara Supadio telah mempersiapkan rencana operasi angkutan lebaran berupa posko monitoring, customer happines, dan peningkatan keamanan dan keselamatan yang sudah disiapkan sejak satu bulan lalu. Serta selalu berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait, agar operasional bandara berjalan dengan lancar dan juga Bandara telah menyiapkan kontigensi jika terjadi irregularity bandara.

“Kami berharap dengan peningkatan pelayanan, keamanan dan keselamatan yang optimal di bandara maka diharapkan operasional penerbangan dan kenyamanan penumpang di bandara dapat berjalan lancar hingga H+7 lebaran nanti kepada para penumpang pesawat udara yang mudik ke kampung halaman, sesuai tema PT Angkasa Pura II (Persero) yakni Experience Ramadhan,” pungkasnya.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved