Wakil Bupati Sintang Pimpin Rapat Mediasi Koperasi Petani dan Pihak Kebun Sawit

Askiman memimpin rapat mediasi antara Koperasi Sinar Jaya dengan pihak PT Sintang Koperasi Mandiri (PT SAM) yang dilakukan di Balai Pegodai

Wakil Bupati Sintang Pimpin Rapat Mediasi Koperasi Petani dan Pihak Kebun Sawit
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Bupati Sintang Askiman memimpin rapat mediasi antara Koperasi Sinar Jaya dengan pihak PT Sintang Koperasi Mandiri (PT SAM) yang dilakukan di Balai Pegodai Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Senin (6/5/2019) pagi. 

Wakil Bupati Sintang Pimpin Rapat Mediasi Koperasi Petani dan Pihak Kebun Sawit

Citizen Reporter Kasubbag Pemberitaan Humas Setda Sintang Syukur Saleh

SINTANG - Wakil Bupati Sintang Askiman memimpin rapat mediasi antara Koperasi Sinar Jaya dengan pihak PT Sintang Koperasi Mandiri (PT SAM) yang dilakukan di Balai Pegodai Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang, Senin (6/5/2019) pagi.

Tampak hadir pada rapat mediasi tersebut perwakilan berbagai instansi terkait yaitu Disperindagkop dan UKM Sintang, Bagian Hukum Setda Sintang, Dinas Pertanian dan Perkebunan Sintang, serta Camat Binjai Hulu.

Dalam penyampaiannya, Askiman mengharapkan koperasi dan masyarakat selaku petani sawit sesegera mungkin melakukan rapat di tingkat desa lalu melapor ke kecamatan, inventarisasi tugas dan semua kewenangan koperasi.

"Kemudian lakukan koordinasi dengan pihak perusahaan yang diketahui oleh tim TP3K tingkat kecamatan. Kepada ketua koperasi, mari kita berpegang teguh dengan amanah para anggota kepada kita," kata Askiman.

"Tidak ada petani yang berhubungan langsung dengan perusahaan. Karna sudah ada kita buat bersama koperasi kemitraan. Sebagai anggota jangan kita ini melangkahi tugas pengurus yang sudah kita tunjuk,” tambahnya.

Baca: 6 Resep Kreasi Pisang untuk Buka Puasa, Cemilan Favorit Murah Meriah!

Baca: PRESIDEN Jokowi ke Kalimantan, Tinjau Lokasi Ibu Kota Negara yang Baru

Baca: Fakta-fakta Kelahiran Bayi Pangeran Harry Meghan Markle, Kejutan hingga Teka-teki Nama Royal Baby

Askiman memimpin koperasi penuhi wewenang dan tanggungjawab sesuai prosedur, tugas dan fungsi yang ada. Kalau memang dirasa perlu belajar lebih banyak misalnya tentang koperasi, undang narasumber ahli untuk belajar bersama.

Sebelumnya, Ketua Koperasi Sinar Jaya, Yohanes Prasetyo menyampaikan kronologis yang terjadi. Pihaknya merasa dilanggar kewenangan dan hak tugasnya oleh perusahaan terhadap hal proses cabut undi lahan plasma milik anggota koperasi.

“Koperasi merasa dilangkahi pak, dalam proses cabut undi plasma, kelihatannya ada pihak-pihak yang bermain lewat belakang pengurus, untuk ngurus hal ini. Kami menginginkan ketegasanlah dalam hal ini,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved