Berita Video

VIDEO: Uskup Agung Apresiasi 68 Tahun Usia SD Bruder Melati Pontianak

Sekolah swasta Katolik, SD Bruder Melati Pontianak di Kalimantan Barat, merayakan ulangtahun yang ke-68 selama dua hari, 4-5 Mei 2019

Uskup Agung Apresiasi 68 Tahun Usia SD Bruder Melati Pontianak

Citizen Reporter Severianus Endi

PONTIANAK - Sekolah swasta Katolik, SD Bruder Melati Pontianak di Kalimantan Barat, merayakan ulangtahun yang ke-68 selama dua hari, 4-5 Mei 2019. Sekolah yang mulai berdiri sejak 1951 ini menggelar berbagai kegiatan menandai pertambahan usia. Di antaranya pentas seni, pameran hasil karya siswa, bazaar makanan dan permainan anak-anak, dan aksi sosial donor darah.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan Misa Kudus yang dipersembahkan oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus didampingi tiga pastor, Sabtu, 4 Mei 2019 di Santo Yoseph Katedral. Setelah misa, dilanjutkan dengan seremoni pembuka di halaman sekolah.

Uskup Agustinus mengapresiasi usaha yang telah lama dilakukan Kongregrasi Bruder MTB, melalui Yayasan Sekolah Pendidikan Bruder (YPSB) dengan mendirikan sekolah-sekolah.

“Terima kasih kepada Ordo Bruder MTB, yang telah berinisiatif mendirikan sekolah ini. Tentunya sudah ribuan lulusannya. Suatu pekerjaan yang luar biasa. Semangat yang luar biasa,” kata Uskup.

Baca: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2019: Valentino Rossi Posisi 13 di Starting Grid, Quartararo Pole

Baca: Aksi Jennie BLACKPINK saat Menyanyikan As If It Your Last Ini Kagetkan Member Lainnya!

Baca: Timses Paslon 01 dan 02 Apresiasi Pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Ketapang

Uskup juga mengajak untuk selalu menengang para guru, bruder, dan karyawan yang telah meninggal dunia, agar amal baik mereka berkenan di hadapan Tuhan.

Kepala Bidang Pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Paryono, mengungkapkan kesannya atas tingginya animo para murid mengikuti berbagai kegiatan ekstrakulikuler. Dia menilai aktivitas ini sangat positif untuk mengembangkan bakat dan kreativitas anak didik.

“Maraknya penggunaan gadget untuk mengakses internet terkadang membuat kita khawatir jika anak-anak kita terpapar content yang berbahaya. Maka adanya kegiatan ekstrakulikuler bisa menjadi ruang bagi mereka untuk berekspresi. Saya sangat senang melihat kreativitas anak-anak ini,” ucap Paryono.

Para siswa menampilkan berbagai pertunjukan, seperti drumb band, angklung, paduan suara, tari tradisi, modern dance, pembacaan puisi, dan beberapa lagi. Di ruang pameran, sejumlah hasil kreasi anak-anak juga ditampilkan, seperti berbagai aksesoris dan kerajinan tangan.

Kepala SD Bruder Melati, Br Johanes Baptis Sarjono MTB, mengatakan, sejak berdiri hingga saat ini, jumah siswa yang tercatat dalam buku induk mencapai sekitar 5.000 orang. Di masa awal berdirinya, sekolah ini dipimpin oleh Bruder misionaris dari Negeri Belanda.

“Dengan usia sekolah yang sudah menjangkau 68 tahun, rasanya pantaslah kita bersyukur dengan merayakannya. Terima kasih bantuan semua pihak, alumni, orangtua murid, dan siapa saja yang telah berpartisipasi,” katanya.

Ketua Panitia, Herculanus Guntur menuturkan, pesta syukur ini terwujud berkat kerjasama antara pihak sekolah, orangtua murid, alumni, dan para pihak yang telah ringan tangan turut membantu.

Penulis: Bella
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved