17 Ribuan Data Umat Masuk ke Sistem BIDUK, Uskup Agus Support Pastor Paroki

para imam khususnya para pastor paroki disuguhkan informasi terkini tentang kemajuan data umat yang sudah masuk dalam sistem BIDUK

17 Ribuan Data Umat Masuk ke Sistem BIDUK, Uskup Agus Support Pastor Paroki
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mgr Agustinus Agus saat memberikan arahannya kepada para pastor paroki se-Keuskupan Agung Pontianak terkait Program Pendataan umat Berbasis Online, Selasa (16/4/2019) di Wisma Immaculata SFIC Pontianak. 

17 Ribuan Data Umat Masuk ke Sistem BIDUK, Uskup Agus Support Pastor Paroki

Citizen Reporter Komsos KAP, Paulus Mashuri 

SINGKAWANG - Di akhir kegiatan rekoleksi para imam se-Keuskupan Agung Pontianak sebelum mengikuti Misa Krisma, Selasa (16/4/2019) lalu di Wisma Immaculata SFIC Pontianak, para imam khususnya para pastor paroki disuguhkan informasi terkini tentang kemajuan data umat yang sudah masuk dalam sistem BIDUK (Basis Integrasi Data Umat Keuskupan).

Informasi tersebut disampaikan oleh Ibu Suli, selaku instruktur training bagi para admin paroki. Dalam paparannya, Ibu Suli mengemukakan sudah melakukan training secara meraton ke dekenat-dekenat yang ada di wilayah Keuskupan Agung Pontianak.

“Hasil pengamatan dari kurang lebih 6 kali training yang saya lakukan, saya optimis program BIDUK bisa berjalan,” tandas Bu Suli.

Menurut Bu Suli, para admin yang dikirim oleh paroki-paroki cukup bersemangat, berusaha keras untuk bisa memahami sistem operasi dari program BIDUK ini. Semangat dan usaha keras ini mampu mengalahkan kendala-kendala yang ada.

“Memang di tahap awal masih kerapkali terjadi kesalahan-kesalahan saat meng-entri data, tapi semangat untuk berusaha memperbaiki kesalahan itu, sangat saya apresiasi. Ini yang membuat saya optimis. Saya bahkan menargetkan dalam satu tahun, data umat dari paroki-paroki sudah bisa terselesaikan,” ujar Bu Suli.

Tapi, lanjut Bu Suli, ini semua perlu dukungan dari para pastor paroki. “Saya sangat apresiasi bagi beberapa paroki yang proses pendataan umatnya menunjukkan progres (kemajuan) yang luar biasa. Contohnya, pendataan umat di paroki Santo Agustinus Sungai Raya. Data yang sudah masuk ke sistem BIDUK boleh dikatakan yang paling banyak dari paroki-paroki lainnya, yakni sekitar 4000-an jiwa,” ujar Bu Suli.

Baca: Deretan Artis yang Lolos & Gagal Jadi DPR, Pasangan Artis Suami Istri Ini Duduk di Senayan!

Baca: Komisi Informasi Kalbar Nilai Balitbang Kalbar Semangat Berikan Layanan Informasi

Baca: Fakta-fakta & Kronologi Ayah Tiri di Kalbar Habisi Anaknya Seusai Persetubuhan Terlarang

Oleh karena itu, Bu Suli pada kesempatan pertemuan itu memotivasi lagi paroki-paroki yang terbilang agak lambat proses pendataannya. Pastor Paroki diajak untuk lebih semangat.

“Jangan takut dengan kendala yang ditemui di lapangan. Optimis saja. Dan data yang diinput ke BIDUK jangan tunggu sudah lengkap, seberapa yang sudah ada masukan saja dulu, nanti baru dillengkapi dan disempurnakan,” kata Bu Suli menyemangati para pastor paroki.

Halaman
123
Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved