Penyebab Motor 4 Tak Berasap

Apa jadinya jika motor 4tak mengeluarkan asap, hal ini bisa mengganggu pengendara lain bahkan bisa merusak kualitas udara.

Penyebab Motor 4 Tak Berasap
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Motor 4 tak saat ditunggangi 

Penyebab Motor 4Tak Berasap

PONTIANAK - Apa jadinya jika motor 4tak mengeluarkan asap, hal ini bisa mengganggu pengendara lain bahkan bisa merusak kualitas udara.

Motor 4tak mengeluarkan asap akibat adanya oli yang ikut terbakar dalam ruang bakar.

Banyak faktor yang menyebabkan motor 4tak mengeluarkan asap, salah satunya bisa disebabkan oleh busi kotor, yang bisa disebabkan oleh naiknya oli ke permukaan busi sehingga pembakaran tidak sempurna diruang bakar.

Akibatnya peforma motor jadi tidak normal.

Baca: Kode Pos Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang, Berikut Daftarnya

Baca: Kode Pos Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kabupaten Ketapang, Ini Daftar Lengkapnya

Baca: Kode Pos Kecamatan Manis Mata, Kabupaten Ketapang, Lihat Daftar Lengkapnya di Sini

"Mungkin ada oli naik ke permukaan busi, contohnya ring udah aus, ring piston, makanya keluar asap, kalau kejadian seperti itu, ring piston harus diganti karena sudah aus, andaikata kalau piston masih bagus ganti ring aja, tapi orang sekarang kalau ganti ya ganti ring piston, dibubut," kata salah satu mekanik Pontianak, Pak Cung.

Faktor lain yang bisa menyebabkan motor 4tak berasap adalah adanya kerak di ruang bakar, hal ini bisa diakibatkan adanya oli yang ikut terbakar dalam ruang bakar.

Kemudian bisa saja disebabkan karena saringan udara kotor atau sudah tidak layak pakai, kotoran yang terbawa dari filter akan mengotori dan menjadi kerak di ruang bakar, akibatnya proses pembakaran jadi tidak sempurna.

Penulis: Anesh Viduka
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved