Pemilu 2019

Dituding Situng KPU Curang Pro ke Kubu Tertentu, Komisoner Viryan Azis Jelaskan Proses Entry Data

KPU RI membuat proses situng scan dokumen form C1 secara otentik dan apa adanya. Petugas KPU diberbagai tingkatan

Dituding Situng KPU Curang Pro ke Kubu Tertentu, Komisoner Viryan Azis Jelaskan Proses Entry Data
(Kompas.com/Fitria Chusna Farisa)
Komisioner KPU Viryan Azis di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat. 

Dituding Situng KPU Curang Pro ke Kubu Tertentu, Komisoner Viryan Azis Jelaskan Proses Entry Data

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Komisioner KPU RI Viryan Azis menyampaikan Hasil Hitung Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI 2019 yang dibuat KPU keberadaannya bersifat sementara.

Mantan Komisione KPU Kalbar ini menjelaskan keberadaan Hasil Hitung Suara yang disajikan lewat https://pemilu2019.kpu.go.id/#/ppwp/hitung-suara/.

Berikut penjelasan Viryan Azis, dikutip dari laman facebooknya, Jumat (19/4/2019).

Hitung Manual dan Situng

KPU Terbuka dan Transparan

Situng singkatan dari sistem penghitungan hasil pemilu/pilkada adalah sistem informasi yang dibuat KPU untuk memenuhi kebutuhan publik mengetahui hasil penghitungan suara sementara yang sedang direkap secara berjenjang.

Situng menjadi bagian penting dalam konteks menginformasikan hasil pemilu secara cepat atau quick real count (QRC). Keberadaannya bersifat sementara karena hasil yang ditetapkan oleh KPU bukanlah hasil rekap dari situng, melainkan berdasarkan rekapitulasi hasil pemilu secara manual dan berjenjang (hitung manual) yang dilakukan dalam rapat pleno terbuka dihadiri saksi peserta pemilu dan pengawas serta publik dapat mengaksesnya.

Pertanyaan yang kerap muncul ada dua, kenapa bukan hasil situng saja yang tetapkan KPU sebagai hasil resmi KPU dan apakah hasil situng akan berbeda dengan hitung manual?. 

Pertama, kenapa hasil situng tidak ditetapkan KPU sebagai hasil resmi KPU karena regulasi pemilu (undang-undang) hanya mengatur hasil pemilu ditetapkan berdasarkan rekapitulasi hasil pemilu secara manual dan berjenjang (hitung manual) dalam rapat pleno terbuka.

Baca: Alur Rekapitulasi Penghitungan Suara Pemilu 2019, KPU RI: Warga Boleh Foto Hasil Perolehan di TPS

Kegiatan rapat pleno terbuka sesuai namanya dihadiri sejumlah pihak yang menjamin prinsip keterbukaan proses berjalan alias tidak tertutup. Mekanisme rapat pleno terbuka oleh KPU pada seluruh tingkatan dapat dihadiri stakeholder terkait, yaitu diikuti perwakilan peserta pemilu, pengawas pemilu (bawaslu) dan pihak lain yang terkait, biasanya media massa dan elektronik serta bila memungkinkan kapasitas ruangan, dapat diikuti oleh masyarakat.

Halaman
1234
Penulis: Rihard Nelson Silaban
Editor: Rihard Nelson Silaban
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved