Pemilu 2019

VIDEO: Kisah Akim, Pasien RSJ yang Ikut Nyoblos di Pemilu 2019

Sedikitnya 181 pasien RSJ Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 009 RSJ

VIDEO: Kisah Akim, Pasien RSJ yang Ikut Nyoblos di Pemilu 2019

SINGKAWANG - Sedikitnya 181 pasien Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 009 RSJ Provinsi Kalbar, Jalan Raya Singkawang Bengkayang, Kelurahan Bagak Sahwa, Kecamatan Singkawang Timur, Rabu (17/4/2018).

Pemungutan suara di RSJ Provinsi Kalbar berjalan lancar. Petugas KPPS melakukan mekanisme yang sama dengan TPS lainnya sesuai dengan peraturan pemilu.

Beberapa saksi duduk di tempat yang disediakan sambil mengawasi jalannya pemungutan suara. Petugas keamanan pun berdiri tegap menjaga TPS di luar ruangan pemilihan.

Baca: VIDEO: Pemungutan Suara Pemilu 2019 di Lapas Klas IIA Pontianak

Baca: 93 Surat Suara di TPS 12 Saigon Rusak Bikin Heboh dan Nyaris Ricuh

Baca: Hasil Hitung Cepat KPU Pilpres 2019! Prabowo-Sandi 58,16%, Jokowi-Maruf Amin 41,84%

Mengenakan seragam kaos berkerah khusus, beberapa pasien RSJ Provinsi Kalbar duduk menunggu giliran melakukan pencoblosan.

Setelah melakukan pendaftaran, petugas KPPS memanggil pemilih dan memberikan surat suara.

Pemilih lalu diarahkan untuk melakukan pencoblosan di bilik suara tanpa ditemani. Sementara petugas dan saksi mengawasi pemilih.

Usai melakukan pencoblosan, pemilih memasukkan surat suara ke dalam kotak suara. Petugas KPPS memandu pemilih memasukkan surat suara berdasarkan warna.

Kemudian pemilih mencelupkan jari ke dalam tinta sebagai tanda bahwa pemilih telah melakukan pencoblosan.

Dari 181 pasien RSJ, 7 di antaranya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), sementara 174 masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Selain itu ada 13 pegawai RSJ yang ikut menyoblos di TPS 009 bersama pasien lainnya. Sehingga total pemilih di TPS 009 sejumlah 194 pemilih.

Pemungutan suara di RSJ Provinsi Kalbar sudah yang kedua kali dilakukan. Sebelumnya pemungutan dilakukan pada pemilu 2014.

Satu di antara pasien, Akim (39) terlihat duduk mengantre. Ia bersama pasien lainnya menunggu giliran untuk melakukan pencoblosan.

Ia tak banyak bersuara, namun merespon pertanyaan dengan jawaban singkat dan gestur tubuh.

Simak videonya.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved