Pemilu 2019

Perhitungan KPPS 12 Jam Usai Pencoblosan, Capres Sepakat Tunggu Pleno KPU

Walaupun, lanjut mantan Komisioner KPU Singkawang ini, dipermudah dan diperbolehkan menggunakan teknologi kecuali hologram tidak boleh difotokopi.

Perhitungan KPPS 12 Jam Usai Pencoblosan, Capres Sepakat Tunggu Pleno KPU
Kolase
Jokowi dan Prabowo Mencoblos di TPS Berbeda 

Perhitungan KPPS 12 Jam Usai Pencoblosan, Capres Sepakat Tunggu Pleno KPU

PONTIANAK - Tim Kampanye Daerah (TKD) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Badan Pemenangan Provinsi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat menunggu hasil pleno KPU sebagai penentu pemenang.

TKD dan BPP mengimbau para pendukung tak menjadikan hasil quick count dan exit poll sebagai acuan.

Kepala Sekretariat TKD Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Kalbar Andrew Yuen memastikan pihaknya tak akan berspekulatif dengan hasil quick count maupun exit poll.

"Yang sedang kita lakukan adalah mengumpulkan C1 dari pihak-pihak TPS ke kita. Artinya kita menunggu real count bukan quick count, bukan exit poll, bukan macem-macem. Yang kita butuhkan form C1 diserahkan masing-masing saksi. Itu yang jadi acuan kita," kata Yuen kepada Tribun, Selasa (16/4).

Jubir TKD Jokowi-Amin ini menyatakan, di Kalbar pihaknya juga akan menunggu hasil laporan C1 dari saksi. Hasil ini untuk mendapatkan gambaran awal hasil Pemilu nantinya.

"Kita perkirakan sehari setelahnya sudah mendapatkan form C1. Acuan kita menunggu pleno KPU. Pukul 13.00 WIB selesai atau terakhir mendaftarkan diri di TPS, setelah itu selesai pemilihan, kemudian mulai menghitung dan hitung selesai paling tidak kita punya gambaran awal. Gambaran fiksnya ketika C1 tiba, C1 secara fisik tiba di kantor," terangnya

Formulir C1, kata Yuen, tidak hanya terkait pada jumlah suara, namun sisa suara, suara rusak, termasuk jumlah pemilih yang datang akan jadi catatan. "Jadi tidak ada spekulasi-spekualasi, kita tetap menunggu C1," tukasnya.

Hal serupa dikatakan Ketua Badan Pemenangan Provinsi Prabowo-Sandi di Kalbar Suriansyah. Ia juga mengajak simpatisan dan pendukung Prabowo-Sandi dapat menahan diri dan menunggu hasil real count KPU usai pemungutan suara di 17 April 2019.

Baca: VIDEO: JPPR Singkawang Beri Beberapa Catatan Kepada Lembaga Pengawas Pemilu

Baca: Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Berhasil Jelajahi Tiga Negara Asean, Ini Orangnya

Ia pun menerangkan, saksi maupun relawan diwajibkan mengumpulkan laporan langsung dari C1 Plano yang dari TPS ke Kordes, kemudian ke Korcam dan seterusnya hingga Badan Pemenangan Nasional, harus terkumpulkan segera setelah penghitungan.

Halaman
1234
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved