Bawaslu Sintang Belum Temukan Langsung Pelanggaran Money Politik di Lapangan

Dian mengatakan bahwa Bawaslu memiliki pengawas di tiap-tiap TPS yang mengawasi langsung proses Pungut-Hitung surat suara.

Bawaslu Sintang Belum Temukan Langsung Pelanggaran Money Politik di Lapangan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sintang, Dian Astina ikut langsung dalam kegiatan monitoring ke sejumlah TPS bersama dengan Bupati Sintang Jarot Winarno, Rabu (17/4/2019) pagi. 

Bawaslu Sintang Belum Temukan Langsung Pelanggaran Money Politik di Lapangan 

SINTANG - Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sintang, Dian Astina ikut langsung dalam kegiatan monitoring ke sejumlah TPS bersama dengan Bupati Sintang Jarot Winarno, Rabu (17/4/2019) pagi. 

Pada pelaksanaan hari pencoblosan, Dian mengatakan bahwa Bawaslu memiliki pengawas di tiap-tiap TPS yang mengawasi langsung proses Pungut-Hitung surat suara. 

"Jadi di setiap TPS, kita sudah ada pengawas. Mudah-mudahan Pemilu ini tidak ada kendala apa-apa dan kami harap partisipasi masyarakat sama-sama kita monitor dan mengawasi di TPS masing-masing," jelasnya. 

Baca: Salurkan Hak Suaranya di Sintang, Ini Tanggapan Bupati Jarot Terkait Sosok Capres-Cawapres

Baca: Surat Suara Ada yang Kurang dan Terselip, Berikut Penjelasan KPU Sintang

Menurutnya apabila masyarakat menemui ada indikasi-indikasi permasalahan, bisa segera memberikan informasi kepada pihak Bawaslu Kabupaten Sintang dan jajaran. 

"Sejauh ini hanya laporan soal mereka tidak bisa pindah memilih karena tidak ada A5. Tapi kan memang harus mengurus A5 jika pindah memilih, tidak bisa misalnya domisili KTP di Jawa tapi milih di sini tanpa formulir A5," jelasnya. 

Kemudian pihaknya juga menerima laporan terkait kekurangan surat suara maupun surat suara yang dapilnya tertukar. Informasi tersebut sudah disampaikan ke KPU Sintang untuk segera ditindaklanjuti. 

Terkait indikasi pelanggaran di lapangan maupun money politik, menurutnya sejauh ini Bawaslu Kabupaten Sintang belum ada menemukan langsung dan melakukan penindakan. 

Baca: Hadapi Pemilu Besok, Bupati Jarot Pesan Warga Sintang Kedepankan Rasa Persatuan

Tapi memang menurutnya di saat memasuki masa tenang kemarin, ada informasi pembagian 
sesuatu dalam rangka mendukung salah satu peserta Pemilu 2019 di Kelurahan Ulak Jaya, tetapi hasilnya nihil. 

"Cuma setelah kita turun dan kita koordinasikan ke jajaran kita di tingkat kelurahan untuk memastikan informasi tersebut, hasilnya nihil. Apalagi informasinya hanya menyebut daerah, tidak lebih spesifik," pungkasnya. (Wahidin)

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved