Pemilu 2019

Bawaslu Dalami Kasus Money Politic di Sekadau, Terlapor Seorang Caleg

sifatnyakan laporan pada patroli yang melakukan pengawasan keliling untuk mencegah terjadinya politik uang

Bawaslu Dalami Kasus Money Politic di Sekadau, Terlapor Seorang Caleg
TRIBUN PONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Komisioner Bawaslu Kalbar Mohammad 

Bawaslu Dalami Kasus Money Politic di Sekadau, Terlapor Seorang Caleg

PONTIANAK - Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kalbar, Mohammad mengungkapkan jika pihaknya akan mendalami dugaan money politic di Sekadau.

"Di Kabupaten Sekadau sudah menerima laporan pada saat pengawas melakukan patroli masyarakat melaporkan pada pengawas yang sedang patroli terkait dengan dugaan pemberian uang dari salah satu caleg DPRD," kata Mohammad, Rabu (17/04/2019).

"Itu Rp. 100 ribu di amplop, tetapi ditemukan juga bahan kampanye di sana, sifatnyakan laporan pada patroli yang melakukan pengawasan keliling untuk mencegah terjadinya politik uang," timpalnya.

Baca: Hasil Hitung Cepat Pilpres 2019 Diumumkan, Update Hasil Quick Count Live KompasTV Jam 15.00

Baca: Penghitungan Pilpres | Quickon Pilpres 2019 Versi Litbang Kompas dan Link Streaming Pukul 15.00 WIB

Baca: VIDEO: Bupati Citra Duani Nyoblos di TPS 03 Jalan Sungai Mengkuang

Diterangkan Komisioner Bawaslu Kalbar dua periode ini jika laporan tersebut ketika Bawaslu melakukan patroli sejak tanggal 14-16 April 2019 karena juga merupakan upaya-upaya pencegahan terkait dengan pemberian uang atau menjanjikan barang kepada pemilih.

 "Pada saat hari tenang kami melakukan patroli pengawasan dan kebetulan peristiwa yang terjadi, ditemukan di Sekadau pada malam hari. Tentu kami akan melakukan kajian, apakah betul uang itu sebagai alat mempengaruhi pemilih atau tidak," jelasnya.

Menurutnya, terlapor dalam hal tersebut ialah peserta pemilu, dan Bawaslu akan melihat kembali dari sisi formil dan materilnya apakah laporan memenuhi dan bagaimana kemudian membuat kajian terpenuhinya unsur dugaan pelanggaran pemberian uang. 

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved