Pemilu 2019

Rusuh Saat Pemilu, Kapolda Kalbar Pastikan Pelaku Diproses Hukum

Irjen Pol Didi Haryono menuturkan secara tegas jika ada yang membuat rusuh di pastikan ada sanksi pidana dan bisa di proses hukum

Rusuh Saat Pemilu, Kapolda Kalbar Pastikan Pelaku Diproses Hukum
TRIBUNPONTIANAK/Hadi Sudirmansyah
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono didampingi Dandim 1207/BS Pontianak Kol Arm Stefie Tjanje Nuhujanan saat Tinjau kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Sei Kakap Kubu Raya 

Rusuh Saat Pemilu, Kapolda Kalbar Pastikan Pelaku Diproses Hukum

PONTIANAK - Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono menuturkan secara tegas jika ada yang membuat rusuh di pastikan ada sanksi pidana dan bisa di proses hukum.

Pernyataan dari orang nomor satu di Polda Kalbar ini saat menghadiri acara Nongkrong Anti Hoax di cafe Fuzz Pontianak pada Selasa (16/4/2019) malam.

Didi menjelaskan dalam Undang-undang RI No 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang di dalamnya ada tertera tentang penegakan hukum (Gakumdu) saat Pemilu.

"Gakumdu itu ada di Bawaslu kewenangannya, dan dalam Gakumdu itu juga ada petugas Bawaslu, Anggota Polri dan Kejaksaan,"katanya.

Baca: BINGUNG Coblos Siapa? Saatnya Mendengarkan Hati Nurani di Pemilu Besok Rabu 17 April 2019

Baca: AWAS SERANGAN FAJAR, Yuks! Kenali 5 Surat Suara, Syarat dan Jadwal Pemilu 2019

Baca: Yuks! Kenali Lima Surat Suara Pemilu 2019, Syarat & Jadwal Pencoblosan! Bisa Gunakan e-KTP

Dikatakanya lagi," maka jika terjadi rusuh di lokasi tempat pelaksanaan Pemilu, itu Domainnya Bawaslu yang menilai, tetapi pedoman dengan UU tersebut, "katanya.

Kapolda Kalbar menegaskan dan memastikan jika ada yang membuat rusuh, menghalangi atau mengganggu seseorang yang akan menggunakan Hak Pilihnya pada Pemilu bisa di sanksi pidana dan di proses hukum.

"Ancaman pidana penjaranya minimal 2 tahun hingga 5 tahun, dan ada dendanya juga. Sesuai tertera di Pasal 510, 511 dan 517. Karena keamanan itu kebutuhan kita bersama, maka kita pastikan aparat keamanan menjamin keamanan saat pelaksanan Pemilu,"tegasnya.

Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved