Perjalanan Tribun Pontianak ke Desa Pala Pasang, dari Jalur Darat Hingga Jalur Air

Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam jika kecepatan kendaraan cukup laju. Terlebih warga sekitar juga sudah terbiasa melewati jalan paralel perbatasan

Perjalanan Tribun Pontianak ke Desa Pala Pasang, dari Jalur Darat Hingga Jalur Air
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Balai Dusun yang dijadikan tempat pemungutan suara Pemilu 2019 di Dusun Mangkau, Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Selasa (16/4/2019). 

Perjalanan Tribun Pontianak ke Desa Pala Pasang, Pemilu di Wilayah Perbatasan, dari Jalur Darat Hingga Jalur Air

SANGGAU - Untuk memastikan warga di Perbatasan Entikong, tepatnya di Desa Pala Pasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik, Tribun Pontianak turun langsung menuju Desa Pala Pasang, Selasa (16/4/2019).

Menuju Desa Pala Pasang, ada dua alternatif jalur transfortasi. Pertama melewati jalur sungai Sekayam dan jalur darat yakni melewati jalan paralel perbatasan yang menghubungkan Kecamatan Entikong ke Kecamatan Sidding, Kabupaten Bengkayang.

Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam jika kecepatan kendaraan cukup laju. Terlebih warga sekitar juga sudah terbiasa melewati jalan paralel perbatasan ini.

Dalam kesempatan ini, dari ibu Kota Kecamatan Entikong, Tribun Pontianak menuju Desa Pala Pasang menggunakan jalur darat yakni menggunakan kendaraan roda dua. Kondisi jalan pun belum sempurna, di mana ada spot-spot yang aspal dan masih bebatuan atau batu kerikil.

Baca: Dandim Sanggau Bersama Kapolres Sanggau Cek Kesiapan Pemilu di Tayan Hilir

Baca: Jelang Pelaksanaan Pemilu Besok, PLN Sanggau Siagakan Personil Penuh

Khusus yang sudah diaspal dari Entikong sampai Simpang Ponti Tapau, sekitar 1 KM.

Setelah itu, kondisi jalan masih berbatuan atau kerikil, namun tidak becek. Kemudian, ketemu jalan aspal lagi dari ujung Simpang Ponti Engkaras sampai ke Dusun Merau, Desa Entikong.

Setelah itu, kondisi jalan masih berbatuan hingga sampai ke Dusun Mangkau, Desa Pala Pasang. Sebelum sampai ke ibu Kota Desa Pala Pasang, jika dari jalur darat, terlebih dahulu ketemu Dusun Entabang, Dusun Mangkau, baru Dusun Pala Pasang dan Dusun Suruh Engkadok.

Desa Pala Pasang berbatasan langsung dengan Desa Suruh Tembawang (Sekitar 5 KM dari Dusun Suruh Engkadok, Desa Pala Pasang ke Desa Suruh Tembawang).

Di Dusun Mangkau, Tribun Pontianak menemui jalan paralel perbatasan yang ambruk (Pernah diberitakan beberapa hari yang lalu).

Baca: Gelar Apel Pergeseran Pasukan Amankan Pemilu 2019, Ini Pesan Kapolres dan Dandim Sanggau

Baca: Bentuk APSAI, Pemkab Sanggau Ajak Perusahaan Sinergi Bangun Sanggau Kabupaten Layak Anak

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved