Pileg 2019

KPU Pontianak Musnahkan 15.033 Surat Suara Rusak dan Lebih

Aktivitas kita memusnahkan surat suara sisa, surat suara yang dianggap tidak layak pakai, rusak, kita musnahkan hari ini

KPU Pontianak Musnahkan 15.033 Surat Suara Rusak dan Lebih
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi saat memusnahkan surat suara yang rusak dan lebih dengan cara dibakar di halaman Gudang KPU, Jalan Zainuddin Pontianak, Selasa (16/04/2019). 

KPU Pontianak Musnahkan 15.033 Surat Suara Rusak dan Lebih

PONTIANAK - KPU Pontianak memusnahkan 15.033 surat suara yang rusak maupun lebih Pemilu 2019 di halaman Gudang KPU, Jalan Zainuddin Pontianak, Selasa (16/04/2019).

"Aktivitas kita memusnahkan surat suara sisa, surat suara yang dianggap tidak layak pakai, rusak, kita musnahkan hari ini," kata Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi.

Diterangkannya, pemusnahan surat suara sesuai dengan surat edaran KPU dan peraturan KPU bawah pemusnahan surat suara sisa atau rusak dimusnahkan sebelum pemungutan hari pemungutan suara.

"Maka hari ini kita musnahkan surat suara tersebut, surat suara yang kita musnahkan sebanyak 15.033 lembar," jelas Deni Nuliadi.

Baca: Tertangkap Jambret di Ambawang, Warga Rasau Babak Belur Dihakimi Warga

Baca: Berikut Jadwal Misa Perayaan Paskah 2019 di Sekadau

Kriteria surat suara rusak, lanjutnya seperti sobek, tinta cetakan, dan sesuai yang disampaikan oleh KPU RI terkait surat suara rusak.

Termasuk juga surat suara lebih walaupun tidak rusak tetap dimusnahkan agar tidak disalahgunakan.

"Surat suara di Kota Pontianak sudah tercukupi, aman karena yang dikirim kita terima setelah dihitung masih lebih, sehingga jika ada surat suara rusak bisa tertangani," tambah Deni Nuliadi.

Namun, lanjutnya, jika ada disuatu TPS pemilihnya kekurangan surat suara, maka pemilih tersebut akan diarahkan ke TPS terdekat.

Lebih lanjut, diungkapkannya pula jika PPS akan menyebarkan logistik yang akan digunakan KPPS ke TPS-TPS.

"Besok pagi pada saat KPPS mulai pemungutan suara semua logistik sudah tiba," tukas Deni Nuliadi

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved