Erdi Abidin Apresiasi Ketegasan Wali Kota Bersihkan Reklame Ilegal di Pontianak

Sikap tegas menurutnya memang perlu diambil oleh Wali Kota Pontianak menegakan aturan yang ada.

Erdi Abidin Apresiasi Ketegasan Wali Kota Bersihkan Reklame Ilegal di Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIZKY PRABOWO RAHINO
Pengamat Kebijakan Publik, DR Erdi Abidin 

Erdi Abidin Apresiasi Ketegasan Wali Kota Bersihkan Reklame Ilegal di Pontianak

PONTIANAK - Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak dengan mengambil sikap menertibkan papan reklame ilegal diacungi jempol  oleh Pengamat  Kebijakan  Pemerintah Universitas Tanjungpura, Erdi Abidin.

Sikap tegas menurutnya memang perlu diambil oleh Wali Kota Pontianak menegakan aturan yang ada.

"Saya memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Waki Kota Pontianak untuk menertibakan papan reklame ini. Barang ilegal itu, harusnya tidak ada di Pontianak bahkan di Indonesia," ucap Erdi Abidin saat diwawancarai, Selasa (16/4/2019).

Baca: Beri Ucapan Selamat pada Muda-Jiwo, Ini Harapan dan Saran Pembangunan DR Erdi Abidin

Baca: Erdi Abidin dan Firdaus Zarin Kompak Sebut Permainan Layangan di Pontianak Indikasi Perjudian

Reklame yang tidak memiliki izin atau izinnya sudah habis, menurutnya itu sama-sama ilegal maka perlu ditindak. Namun aturan dan mekanisme tentu harus dilakukan, mulai dari teguran  hingga tindakan pembersihan.

Pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak reklame memang masih menjanjikan untuk di Kota Pontianak, sehingga ia menilai langkah dan inovasi dalam meningkatkan PAD perlu dilakukan.

Kemudian, penertiban reklame ini pastikan akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Reklame itu merupakan pajak yang dipungut oleh Pemda, maka inovasi perlu dilakukan.

Baca: Dorong Audit Ulang Modal Investasi Rp 3,7 Triliun, Pengamat Erdi Abidin Sampaikan 10 Hal Ini

Baca: Penghentian Sementara PTPN XIII, Erdi Abidin Sebut Ada Dugaan Korupsi

"Saat ini memang harus ada perpindahan dari reklame yang konvensional ke modern yatu video tron.  Dengan video tron itu akan memberikan kemudahan dalam mengawasi dan mengontrolnya,"ucap Erdi Abidin.

Ia menyarankan selanjutnya, titik-titik yang masih berpotensi harus dikembangkan untuk dipasang video tron harus diperhatikan untuk dipasang dan dikaji terlebih dahulu tentunya dengan memperhatikan estetika kota.

Sebagai pusat  ibu kota provinsi harus mengembangkan inovasi terkait peningkatan pendapatan daerah maupun  yang lainnya.

"Kita dukung kebijakan Wali Kota Pontkanak ini, jangan sampai yang ilegal dibiarkan dan memang harus ditertibkan agar semua taat akan aturan yang ada,"pungkasnya. (Syahroni)

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved