Upaya Diversi Gagal, Berkas Kasus Audrey Dilanjutkan, Kini Sudah P21

Setelah adanya P21 penyidik Polresta Pontianak bersiap untuk tahap kedua yakni, penyerahan berkas perkara, ABH, dan barang bukti

Upaya Diversi Gagal, Berkas Kasus Audrey Dilanjutkan, Kini Sudah P21
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir saat mengecek fakta-fakta penganiayaan siswi Ab di Polresta Pontianak, Jalan Johan Idrus, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (11/4/2019) pagi. Muhadjir meminta semua pihak supaya menahan diri, tidak ikut-ikutan membuat persoalan semakin melebar sehingga fakta kasus yang ada semakin dibesar-besarkan karena fakta yang ada tidak seperti yang ada di media sosial. 

Upaya Diversi Gagal, Berkas Kasus Audrey Dilanjutkan, Kini Sudah P21

PONTIANAK - Kapolresta Pontianak, Kombes Pol M Anwar Nasir yang hadir dalam pertemuan bersama Menteri Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yambise menjelaskan perkembangan kasus pengeroyokan oleh tiga pelajar SMA terhadap seorang siswi SMP, Audrey, kini telah masuk tahap P21.

"Perkembangan berkas perkara hari ini, sudah mendapatkan P21 dari Kejaksaan Negeri Pontianak,"ucap kombes Pol M Anwar Nasir saat diwawancarai, Senin (15/4/2019).

Baca: KPPAD Tangani 60 Kasus Anak Selama 2019, Kini Fokus Dampingi Korban dan Pelaku Kasus Audrey

Baca: FOTO: Sejumlah ABH kasus Audrey, Ikut Pertemuan bersama Menteri PPA,Yohana Susana Yembise

Lanjut disampaikannya,  setelah adanya  P21  penyidik Polresta Pontianak bersiap untuk tahap kedua yakni, penyerahan berkas perkara, anak berhadapan  dengan hukum (ABH)  dan barang bukti.

Saat ini pihak kepolisian masih menunggu Kejaksaan Negeri Pontianak untuk menerima tahap kedua.

"P21 sudah di dapatkan siang ini, sudah dilakukan koordinasi dengan Kajari untuk persiapan tahap keduanya," tegas Anwar Nasir.

Anwar Natsir menjelaskan pihaknya sudah melakukan upaya diversi sesuai dengan amanah Undang-undang dalam menyelesaikan kasus anak dibawah umur ini.

Namun ditolak oleh pihak  korban dan ingin dilanjutkan perkaranya ditahap berikut.

Baca: JEJAK Kasus Audrey Pontianak: Perdebatan Hasil Visum hingga Progres Penyelesaian Ranah Hukum

Baca: Menteri Yohana Susana Yembise Sampai Turun Tangan Selesaikan Kasus Audrey, Langsung ke Pontianak

"Polresta tetap menjalankan amanah UU yang ada  yaitu Pasal 7, UU Sistem   Peradilan Pidana Anak  maka wajib mengupayakan diversi dan telah  gagal karena pihak korban meminta dilanjutkan," ucapnya.

Gagalnya upaya diversi di tingkat kepolisian ini, sehingga berkas yang ada dilanjutkan untuk  diserahkan pada pihak kejaksaan.

"Amanah UU yang ada, bagaimana konflik yang ada terhadap anak ini sebagaimana agar tidak sampai kepersidangan itu sendiri. Sehingga ada upaya diversi di tingkat penyidikan, penuntutan, kejaksaan dan pengadilan nantinya," tambah Anwar Nasir. (Syahroni)

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved